nusabali

Pameran UMKM Perempuan Indonesia Expo 2022 di Jambi

Dekranasda Denpasar Bangun Sinergitas dan Promosi Produk IKM/UKM

  • www.nusabali.com-pameran-umkm-perempuan-indonesia-expo-2022-di-jambi

JAMBI, NusaBali
Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa bersama Wakil Ketua Harian Dekranasda Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana menghadiri pameran UMKM Perempuan Indonesia Expo 2022 di Jambi, Sumatra.

Pameran bertema ‘Dari Perempuan untuk Perempuan’ itu berlangsung pada 23 – 25 November 2022. Kesempatan tersebut juga merupakan ajang silaturahmi pengurus Dekranasda dari seluruh Indonesia, bertukar pikiran untuk meningkatkan inovasi serta pengembangan IKM/UKM yang ada di setiap daerah.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari sarasehan istri-istri walikota  seluruh Indonesia yang diinisiasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Hadir pula Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Denpasar Wayan Buda, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar I Gusti Agung Sri Wetrawati, serta Kepala Bidang Industri Kerajinan, Aneka dan Sandang Disperindag Denpasar Ida Ayu Dewi Citrawati.

Ny Ayu Kristi Arya Wibawa menyampaikan bahwa kegiatan ini guna membangun sinergitas antar-pemerintah daerah khususnya untuk pengembangan dan pemberdayaan IKM/UKM. Dekranasda Denpasar di bawah kepemimpinan Ny Sagung Antari Jaya Negara terus membangun jejaring dan sinergitas untuk pemasaran dan peningkatan kualitas produk IKM/UKM.

“Dalam kegiatan Perempuan Indonesia Expo 2022 kita bertatap muka bersilaturahmi bersama pengurus Dekranasda dari seluruh Indonesia, bertukar pikiran untuk meningkatkan inovasi serta pengembangan IKM/UKM yang ada di setiap daerah,” ujar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa dalam keterangan tertulis yang diterima NusaBali, Jumat (25/11).

Ny Ayu Kristi Arya Wibawa mengatakan, Dekranasda Kota Denpasar selalu berpedoman pada program kerja, yakni menggali, melestarikan, dan mengembalikan warisan budaya bangsa. Serta meningkatkan kualitas produk kerajinan dan perajin dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa dan kearifan lokal di Kota Denpasar. Pada 2022 ini, Dekranasda Denpasar telah melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya pelatihan desain fashion bagi pemula, pameran gema tridatu, sosialisasi program dagang dan misi dagang, pelatihan perca endek, pemilihan duta Kota Denpasar, lomba IKM, monitoring dan evaluasi ke perajin, serta mempersiapkan program kerja tahun 2023.

“Kami siap bersinergi mewujudkan ‘Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing’. Kami sangat senang dapat bertatap muka dengan para istri walikota, serta banyak mendapatkan ide kreatif untuk pemajuan kreativitas insan pelaku IKM/UKM di daerah masing-masing,” tandas Ny Ayu Kristi Arya Wibawa.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto yang juga Walikota Bogor, menyampaikan bahwa peran istri walikota dengan beban tugas di dalam keluarga, juga memegang organisasi perempuan. Ajang pertemuan istri walikota ini menjadi kegiatan silaturahmi dan juga memberikan sinergi dan berkolaborasi dalam berbagai program organisasi perempuan.

Perempuan Indonesia Expo 2022 dibuka Ketua Dekranasda Provinsi Jambi  Hj Hesnidar Haris didampingi Ketua Dekranasda Kota Jambi Hj Yuliana Fasha. Sedangkan sarasehan dibuka Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw mewakili Menteri Dalam Negeri, dihadiri Walikota Jambi H Syarif Fasha. *bin

Komentar