nusabali

Tabanan Bersiap Vaksin Booster 2 Lansia

  • www.nusabali.com-tabanan-bersiap-vaksin-booster-2-lansia

TABANAN, NusaBali
Dinas Kesehatan Tabanan bersiap melaksanakan vaksin booster kedua untuk lansia.

Saat ini tengah dilakukan pendataan untuk bisa mengamprah vaksin ke Provinsi Bali. Rencananya pelaksanaan vaksin akan dilakukan berbasis desa.

Data dari Dinas Kesehatan Tabanan, jumlah lansia untuk sasaran vaksinasi di Kabupaten Tabanan sebanyak 65.719 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 62.234 (94,70 persen) sudah vaksinasi dosis 1, dan sebanyak 57.820 (87,98 persen) vaksinasi dosis 2, sedangkan booster (vaksinasi 3) hanya 45.352 orang atau hanya 69,01 persen.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr Ketut Nariana mengatakan, pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan minggu depan. Saat ini masih proses pendataan. "Kami masih minta data dari Puskesmas untuk nantinya sebagai acuan usulan jumlah vaksin ke provinsi,” terangnya, Kamis (24/11).

Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan berbasis desa. Hal ini untuk menggugah masyarakat mengikuti vaksin. "Sekarang keinginan masyarakat untuk vaksin rendah, kita takut terjadi pada lansia. Bisa saja anaknya atau keluarga tak mengizinkan," tegas dr Nariana.

Kendatipun demikian, Dinas Kesehatan tetap akan menggandeng pihak desa untuk menuntaskan program pemerintah itu.  "Kami berharap desa juga ikut berperan mengedukasi termasuk melakukan jemput bola bagi warganya yang memang sudah terjadwal mendapatkan booster kedua," harapnya. *des

Komentar