nusabali

Dahan Kayu Putih Hancurkan Tiga Palinggih

  • www.nusabali.com-dahan-kayu-putih-hancurkan-tiga-palinggih

TABANAN, NusaBali
Pura Babakan di areal wisata Kayu Putih Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga ditimpa dahan kayu putih, Kamis (24/11).

Akibatnya tiga  palinggih dan panyengker hancur. Tiga palinggih yang hancur tersebut adalah Bale Paruman,  Palinggih Taksu, dan Palinggih Padmasana. Kerugian sementara ditaksir kurang lebih Rp 200 juta, dan evakuasi baru akan dilakukan Jumat (25/11) pagi.

Bendesa Adat Bahan, I Wayan Negeriawan mengatakan, kejadian pohon tumbang hingga robohkan palinggih terjadi Kamis sore sekitar pukul 18.30 Wita. Sebelumnya kawasan Desa Tua memang hujan deras, namun saat kejadian hujan sudah reda. "Kemungkinan dahan yang tumbang ini sarat air hujan, berat daun karena daun sedang lebat sehingga dahan tak kuat," jelasnya.

Menurutnya kondisi tiga bagunan yang tertimpa hancur. Ada palinggih yang terpotong hingga hancur bagian atap terutama Bale Paruman. "Evakuasi kemungkinan dilakukan besok (Jumat ini), karena sekarang kami lagi ada upacara ngaben," akunya.

Hal senada disampaikan Perbekel Tua, I Wayan Budi Arta Putra. Kondisi palinggih yang tertimpa pohon hancur bagian atap karena dahan yang tumbang cukup besar. "Kondisinya hancur, evakuasi kita lakukan besok (Jumat), kami sudah hubungi BPBD Tabanan," katanya. *des

Komentar