nusabali

Booster Kedua untuk Lansia di Denpasar Dimulai

  • www.nusabali.com-booster-kedua-untuk-lansia-di-denpasar-dimulai

DENPASAR, NusaBali
Vaksin booster dosis kedua untuk lanjut usia (lansia) kini sudah dimulai sejak, Kamis (24/11).

Sasaran vaksinasi booster kedua ini sebanyak 40.000 orang yang akan dilakukan dengan menyasar lansia yang sudah melakukan vaksinasi booster pertama minimal 6 bulan.  Hal ini sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Nomor HK.02.02/C/5565/2022. Dimana syarat pemberian vaksin booster kedua bagi lansia salah satunya harus sudah vaksin booster dosis pertama mininal 6 bulan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan, dengan acuan surat edaran tersebut, Pemkot Denpasar sudah membuka vaksinasi booster kedua ini mulai Kamis kemarin.

Bahkan, Pemkot juga menurut dia sudah bersurat ke perbekel, lurah, kepala lingkungan, kepala dusun hingga kelian banjar adat untuk meneruskan iinformasi tersebut. "Mulai hari ini sudah bisa dilakukan. Kami sudah bersurat ke perbekel, lurah, kaling sampai kelian untuk meneruskan informasi ini ke warganya," jelasnya.

Dewa Rai mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini digelar di 40 fasilitas layanan kesehatan atau fasyankes. Adapun vaksin yang tersedia saat ini sebanyak 2.917 dosis jenis Pfizer. "Kami tetap koordinasi dengan Dinkes Provinsi, kalau habis amprah lagi ke Provinsi," ungkapnya.

Untuk tahap awal ini, booster kedua untuk lansia digelar di 40 fasyankes. Namun jika nantinya diperlukan jemput bola atau door to door pihaknya akan turun secara door to door. Dewa Rai menambahkan, adapun sasaran vaksin booster dosis kedua bagi lansia ini sebanyak 40.000 lansia.

Dia mengatakan, pelaksanaan booster kedua ini dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap Covid-19. Apalagi lansia merupakan kelompok yang rentan terhadap paparan Covid-19.

Sementara itu, untuk kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar mengalami peningkatan. Awalnya satu digit kini menjadi dua digit. "Tapi pelayanan kami bukan booster kedua saja. Kalau ada lansia yang belum booster dosis pertama kami juga layani," imbuhnya.

Berdasarkan data resmi harian penanganan Covid-19 Kota Denpasar pada Rabu 23 November 2022 kemarin diketahui kasus meninggal dunia bertambah 2 orang. Sementara itu, kasus positif  bertambah sebanyak 19 orang.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 55.421 kasus. Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 53.954 orang (97,36 persen), meninggal dunia sebanyak 1.138 orang (2,05 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 329 orang (0,59 persen).*mis

Komentar