nusabali

UMKM Tidak Lolos Kurasi Denfest 2022 Akan Diberikan Pendampingan

  • www.nusabali.com-umkm-tidak-lolos-kurasi-denfest-2022-akan-diberikan-pendampingan

DENPASAR, NusaBali.com – Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa menyatakan akan mempertimbangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belum lolos kurasi Denpasar Festival (Denfest) Ke-15 tahun 2022 untuk diberikan pendampingan.

“Proses kurasi sudah dilakukan secara transparan dan sesuai aturan. Apabila ada yang belum lolos, datanya akan dipertimbangkan untuk diberikan pendampingan dari dinas terkait,” kata Arya Wibawa usai memimpin technical meeting segmen UMKM Denfest 2022 di Gedung Santi Ghara pada Kamis (24/11/2022) siang.

Menurut Arya Wibawa, ada beberapa faktor yang menyebabkan pelaku UMKM tidak lolos kurasi, baik itu permasalahan administratif maupun teknis. Pelaku UMKM yang tidak memiliki NPWP dan Surat Izin Usaha belum dapat diakomodasi dalam perhelatan akhir tahun masyarakat Kota Denpasar ini.

Selain itu, UMKM yang berada di luar kategori kuliner heritage, kuliner fusion, kuliner urban, kopi, mode, dan kriya pun belum dapat ditampung pada ajang Denfest tahun ini.

Oleh karena itu, diharapkan UMKM yang belum lolos kurasi pada ajang Denfest ke-15 ini dapat naik kelas baik secara administratif, teknis, maupun kualitas produknya. Dengan demikian, tahun berikutnya dapat melewati proses kurasi dengan baik.

Sejauh ini ada 161 UMKM yang berhasil lolos kurasi. Sejumlah pelaku usaha kecil ini diseleksi berdasarkan jalur pendaftarannya yakni umum, komunitas kreatif, binaan pemerintah kecamatan, binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar, dan ruang bagi pelaku UMKM penyandang disabilitas.

Bagi yang sudah lolos pun harus menjaga kepercayaan yang sudah diberikan. Apabila ada indikasi pelanggaran tata tertib pada saat pelaksaan festival maka akan diblacklist dan tidak akan dapat mengikuti ajang Denfest tahun berikutnya.

“Kami sudah membentuk tim internal untuk melakukan pengawasan terhadap penerapan tata tertib, salah satunya adalah kebersihan di lingkungan stand yang ditempati. Saya harap Denfest ke-15 ini dapat berjalan dengan tertib, adil, dan transparan sesuai arahan Bapak Walikota (IGN Jaya Negara),” tegas Arya Wibawa. *rat

Komentar