nusabali

Warga Mengadu, Tim KKP Berpatroli Malam

  • www.nusabali.com-warga-mengadu-tim-kkp-berpatroli-malam

Tim Patroli Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida, Klungkung berpatroli di laut pada malam hari, Rabu (16/12). 

SEMARAPURA, NusaBali
Patroli terkait pengaduan warga yang menyebutkan kerap ada aktivitas nelayan luar beroperasi di perairan Nusa Penida, untuk mencuri ikan. Namun Tim tidak menemukan aksi kejahatan pencurian ikan oleh nelayan luar daerah.

I Dewa Ketut Yogi Palguna, salah seorang anggota tim, menyatakan kawasan perairan Nusa Penida, terutama di kawasan selatan Nusa Penida, terindikasi jadi sasaran ulah nelayan nakal dengan , mencuri ikan. ‘’Warga kerap menemukan, mereka beroperasi pada malam hari,’’  ujar Dewa Yogi, Kamis (17/12).

Karenanya UPT KKP Nusa Penida menindaklanjuti laporan warga. Memang, kata Dewa Yogi, tim patroli KKP tidak menemukan adanya perahu atau kapal nelayan luar yang mencuri ikan atau eksploitasi kawasan KKP. ‘’Namun kami harap, upaya ini memberi dampak. Jangan sampai ada pihak yang mencoba berulah di kawasan KKP,’’ ujar Dewa Yogi. Selain patroli malam, KKP Nusa Penida, secara periodik menggelar patroli siang hari. ‘’Kami tetap lakukan pengawasan dan selalu ada informasi warga yang masuk kalau ada hal yang mencurigakan,’’ tambahnya.

Hal senada dikatakan Dewa Wira Sanjaya dari Coral Triangle  Centre (CTC) yang juga personnel Tim KKP. ‘’Ada saja laporan yang masuk ke tim,’’ ujar  Wira Sanjaya. Termasuk informasi adanya kapal mencurigakan, bawa kompressor yang melintas di perairan Nusa Penida. Untuk diketahui perairan Nusa Penida, sudah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasli Perairan (KKP) Nusa Penida. Semua biota laut dan terumbu karang dilestarikan. Luas KKP Nusa Penida, sekitar 20 kilometer persegi. Terkait itulah, Klungkung memiliki UPT KKP Nusa Penida yang secara khusus mengawasi KKP Nusa Penida. 7

Komentar