nusabali

Maroko Tahan Kroasia Tanpa Gol

  • www.nusabali.com-maroko-tahan-kroasia-tanpa-gol

DOHA, NusaBali
Sekalipun mendominasi penguasaan bola, Kroasia kesulitan menembus pertahanan kokoh Maroko.

Sebaliknya Maroko pun beberapa kali membahayakan gawang Kroasia, saat kedua tim bermain imbang 0-0 dalam laga Grup F Piala Dunia 2022, di Stadion Al Bayt, Doha, Rabu (23/11) malam WITA.

Laga kedua tim lain benua ini berlangsung sengit, namun runner-up Piala Dunia 2018 pimpinan Luka Modric yang lebih banyak menciptakan peluang tepat sasaran.

Didukung warga Maroko yang tinggal di Qatar, Singa Atlas melanjutkan penampilan cemerlang tim sesama Afrika utara Tunisia yang menahan seri kuda hitam Denmark sehari sebelumnya.

Pelatih Zlatko Dalic mendesak Kroasia agar berhati-hati setelah Arab Saudi secara mengejutkan menjungkalkan Argentina. Laga itu disebut kapten Maroko Romain Saiss telah "membuka pintu" bagi tim-tim non favorit untuk membalikkan nasib dalam turnamen edisi 2022 di Qatar ini.

Maroko mengimbangi tim Kroasia yang memasukkan empat pemain yang membawa ke final Piala Dunia 2018. Namun mereka kesulitan menciptakan peluang bersih karena sukar menembus barisan pertahanan Kroasia yang digalang bek berpengalaman Dejan Lovren.

Uniknya Azzedine Ounahi justru memilih tidak langsung menembak ke arah gawang Kroasia ketika sudah dalam posisi bagus di dalam area penalti. Sebaliknya Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi sangat terlibat di sisi kanan tidak terlihat membantunya dalam menekan pertahanan Kroasia.

Sedangkan Ivan Perisic melepaskan tembakan yang melenceng dari gawang setelah mencegat umpan maut pemain Maroko Selim Amallah. Lalu kiper Yassine Bounou memblok dengan baik tendangan jarak dekat yang dikirimkan oleh Nikola Vlasic yang nyaris menghadiahkan gol kepada Kroasia.

Luka Modric yang mantan peraih Ballon d'Or dan tampil dalam Piala Dunia keempatnya pada usia 37 tahun, kemudian menggebrak dari tepi kotak penalti.

Maroko nyaris menciptakan gol setelah sundulan Noussair Mazraoui pada awal babak kedua dihalau Kroasia. Namun peluang lainnya tercipta ketika tendangan bebas Hakimi digagalkan kiper Kroasia Dominik Livakovic.

Kroasia sendiri berusaha keras mencetak gol kemenangan tetapi terbentur pertahanan solid Maroko yang tak kenal kompromi saat tim asuhan Walid Reragui mengamankan poin penting yang memang pantas mereka dapatkan. *ant

Komentar