nusabali

Bupati Sanjaya Launching Program Semara Ratih

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-launching-program-semara-ratih

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya launching Program Semara Ratih di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Rabu (23/11).

Program Semara Ratih ini adalah program inovatif layanan kependudukan, khususnya terkait pencatatan perkawinan.  Bupati Sanjaya mengatakan, program dibuat untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Nama Semara Ratih itu dipergunakan karena mengandung filosofi, Sang Hyang Kama Jaya sebagai pasangan Sekar Ratih yang merupakan Dewa Dewi yang mempunyai cinta kasih, keinginan, kesetiaan, dan pengorbanan yang kuat,” ujarnya.

Program Semara Ratih ini merupakan adopsi dari program desa yang bagus dari Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur. Dengan adanya program ini masyarakat dengan mudah akan mendapat akta perkawinan dan administrasi kependudukan lainnya yang belum dimiliki.

“Perlu juga diketahui, bahwa sebelum perkawinan dilaksanakan kedua mempelai terlebih dahulu melakukan konseling berkaitan dengan reproduksi, tradisi, adat dan budaya, ajaran keagamaan, keamanan, dan sosialisasi dokumen kependudukan. Artinya, secara fisik dan mental kedua mempelai sudah siap mengarungi bahtera rumah tangga, dengan harapan cinta kasih mereka langgeng, seperti Semara Ratih,” beber Bupati Sanjaya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana, mengatakan dibuatnya program inovasi Semara Ratih terintegrasi untuk menggelorakan semangat dan kesadaran masyarakat Tabanan terhadap pentingnya dokumen kependudukan, khususnya akta perkawinan, kartu keluarga, dan KTP elektronik. “Ketika administrasi kependudukan lengkap otomatis tujuannya mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan, meningkatkan kualitas perkawinan, dan terwujudnya konservasi lingkungan yang baik,” katanya.

Launching ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, seperti konseling pra perkawinan kepada calon pengantin dari instansi terkait, sosialisasi kependudukan, kesehatan reproduksi, agama, adat istiadat, budaya dan tradisi, serta keamanan dan ketertiban, juga konservasi lingkungan. Kemudian pelayanan dokumen kependudukan secara langsung kepada murid SMA dan SMK dalam rangka pendataan pemilih pemula Pemilu 2024, pameran UMKM, sosialisasi program Semara Ratih kepada para perbekel. *des

Komentar