nusabali

PPTI Minta Puskesmas dan Desa Punya Kader Tuberkolosis

  • www.nusabali.com-ppti-minta-puskesmas-dan-desa-punya-kader-tuberkolosis

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kadis Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni menerima audiensi dari Perkumpulan Pemberantasan Tuberkolosis Indonesia (PPTI) Provinsi Bali dan PPTI Kabupaten Klungkung di ruang kerja Kantor Bupati Klungkung, Rabu (23/11).

Perwakilan PPTI Bali, I Komang Suastika mengharapkan Puskesmas dan pemerintahan desa punya kader tuberkolosis. Pemerintah desa juga diharapkan menggunakan dana desa untuk layanan kesehatan tuberkolosis.

Bupati Suwirta mengatakan, instansi terkait dapat bekerja sama serta melakukan tindakan preventif dalam memberikan sosialisasi penyakit TBC. “Sebelum melakukan tindakan preventif, kita tidak hanya perlu tahu nama penyakit, tetapi harus tahu penyebab dan cara mencegahnya,” ujar Bupati Suwirta. Sementara Kadis Kesehatan dr Adi Swapatni mengatakan Dinas Kesehatan sudah bekerja sama dengan Puskesmas dan PPTI Kabupaten Klungkung untuk mencegah TBC.

TBC merupakan penyakit bakteri menular yang berpotensi serius terutama mempengaruhi paru-paru. Bakteri ini menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Gejala biasanya berupa batuk, terkadang ada bercak darah, penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, dan demam. *wan

Komentar