nusabali

Cetak Dua Gol, Giroud Samai Henry

Australia Akui Kalah Kelas dari Prancis

  • www.nusabali.com-cetak-dua-gol-giroud-samai-henry

DOHA, NusaBali
Olivier Giroud mencatatkan rekor pribadi, setelah menyamai jumlah gol Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak tim nasional Prancis.

Ya, pemain AC Milan itu mencetak dua gol ke gawang Australia pada laga Grup D Piala Dunia 2022 di di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Rabu (23/11).  Catatan tersebut membuat Giroud setara dengan Henry, yang mencatatkan 51 gol bagi Les Bleus.  Eks Chelsea itu mencetak gol tap-in pada menit ke-32 dan menyudul umpan Kylian Mbappe pada menit ke-71. Sedangkan dua gol lainnya dicetak Adrien Rabiot dan Kylian Mbappe

Giroud butuh 115 penampilan bersama Timnas Prancis untuk mencetak 51 gol, lebih cepat dibanding Thierry Henry dari 1997-2010. Henry sendiri menciptkan 51 gol dalam 123 laga untuk Leus Bleus. Griezmann jadi pemain terdekat dengan rekor Giroud, 42 gol. Sedangkan Karim Benzema mencetak 37 gol.

Sementara itu, kemenangan Prancis harus dibayar mahal dengan cederanya bek Lucas Hernandez. Bek Beyern Munchen itu akan melewatkan sisa Piala Dunia 2022 setelah cedera lutut saat melawan Australia.

Cederanya Hernandez menambah permasalahan bagi pelatih Didier Deschamps yang bergulat dengan sejumlah pemain kunci yang absen dari turnamen di Qatar. Juara Piala Dunia 2018 itu sudah kehilangan striker Karim Benzema, Paul Pogba, N'Golo Kante dan Presnel Kimpembe.

"Sejujurnya, ini mulai menjadi masalah besar. Kami langsung merasakan itu serius. Ini pukulan terbaru tapi kami harus terus bergerak maju dan lebih kuat," kata kapten Prancis Hugo Lloris.

Deschamps kini harus mengutak-atik pilihannya karena skuadnya berkurang menjadi 24 pemain. Dia mengkhawatirkan hal yang lebih buruk soal Hernandez ketika dia mengatakan kepada penyiaran Prancis TF1 setelah pertandingan pembuka Selasa: "Dia akan melakukan beberapa pemeriksaan, tampaknya cukup serius bagi saya.

Skuad Deschamps sedang berusaha menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar sejak Brazil pada 1962. Prancis harus bangkit dari ketertinggalan setelah gol pembuka Craig Goodwin di menit kesembilan untuk Socceroos.

"Meskipun kami sempat dikejutkan di awal, kami melakukan semuanya dengan benar setelahnya," kata Deschamps.

Sedangkan pelatih Australia Graham Arnold mengakui timnya kalah kualitas dari Prancis sehingga Socceroos harus menyerah 1-4 dari juara bertahan itu.  Menurut Arnold , timnya memulai permainan dengan sangat baik tetapi secara fisik Prancis jauh lebih besar, lebih cepat dan lebih kuat. *

Komentar