nusabali

Taklukkan Jerman dengan Skor 2-1, Jepang Tiru Arab Saudi Ciptakan Kejutan Besar

  • www.nusabali.com-taklukkan-jerman-dengan-skor-2-1-jepang-tiru-arab-saudi-ciptakan-kejutan-besar

JAKARTA, NusaBali
Timnas Jepang mengikuti langkah Arab Saudi menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 dengan menumbangkan juara dunia empat kali Jerman dengan skor 2-1.

Dua pemain pengganti Jepang yang memperkuat klub Bundesliga, yakni Ritsu Doan dan Takuma Asano membawa tim Samurai Biru menyabet Jerman pada pertandingan Piala Dunia 2022. Skor ini juga skor yang sama dengan ketika Arab Saudi menggulingkan Argentina sehari sebelumnya. Hasil ini mengantarkan Jepang ke posisi puncak Grup E dengan 3 poin. Sedangkan Jerman jeblos ke posisi buncit.

Tim Panser Jerman unggul lebih dulu pada menit ke-33 ketika Iklay Gundogan menaklukkan kiper Shuichi Gonda dari tendangan penalti setelah Gonda melanggar bek sayap Jerman David Raum. Jepang dikurung Jerman sepanjang babak pertama sampai hanya bisa menguasai 19 persen distribusi bola.

Tetapi pada babak kedua perlahan tapi pasti yang didahului dengan serangkaian penyelamatan gemilang Gonda dan kesolidan barisan pertahanan mereka, Jepang menaikkan tempo pada periode-periode akhir babak kedua. Akhirnya pada menit ke-75 menyamakan kedudukan dari gol Ritsu Doan. Gol ini diawali dari gerakan Kaoru Mitoma yang menusuk pertahanan Jerman untuk kemudian mengoper Takumi Minamino yabng melepaskan tendangan tepat ke arah kiper Manuel Neuer.

Kiper nomor satu Jerman itu berhasil menepis tendangan Minamino tetapi bola muntah disambar Ritsu Doan untuk diceploskan ke gawang yang sudah tak mungkin dijaga Neuer yang sudah terjatuh mati langkah. Pertandingan sepertinya akan berakhir seri, tetapi tujuh menit sebelum waktu normal selesai, pada menit ke-83, Takuma Asano menyambut umpan panjang Kou Itakura dari pertahanan Jepang yang dianggap offside oleh pemain-pemain Jerman.

Asano melakukan sprint yang tak bisa diimbangi Nico Schlotrerbeck untuk kemudian menaklukkan Neuer dari sudut sempit. Jerman berusaha keras menyamakan kedudukan pada menit-menit terakhir. Mereka ingin menghindarkan nasib yang sudah dialami Argentina tetapi upaya mereka mencetak gol mengalami kegagalan.

Jepang pun menjadi pemenang laga ini dan sekaligus tim kedua setelah Saudi yang menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 di Qatar. Jerman mendominasi laga ini dengan 65 persen penguasaan bola dan 25 upaya gol yang 8 di antaranya tepat sasaran, sedangkan Jepang hanya bisa membuat 3 upaya tepat sasaran dari total 11 upaya. Tapi karena lebih klinis, Jepang menjadi pemenang laga ini. Kekalahan ini ulangan mimpi buruk Jerman yang juga tumbang dalam pertandingan fase Piala Dunia 2018 dari Meksiko sebelum dikalahkan Korea Selatan dan akhirnya tersingkir sejak fase grup.

Kemenangan Jepang atas Jerman tentu saja menjadi kejutan besar. Maklum saja dalam sejarah pertemuan kedua tim, Der Panzer (Timnas Jerman) mendominasi pertandingan. Pertandingan antara Jerman dan Jepang di Piala Dunia Tahun 2022 Qatar menjadi pertemuan perdana keduanya di kompetisi resmi. Sebelumnya kedua kesebelasan pernah bentrok dalam laga persahabatan pada tahun 2004 dan 2006.

Pada pertemuan pertama di NISSAN Stadium, Yokohama, Jepang, 2004 lalu, Jerman berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 3 gol tanpa balas. Gol Der Panzer dicetak oleh brace Miroslav Klose dan satu gol dari Michael Ballack. Dua tahun berselang pertemuan di BayArena, Leverkusen, Jerman, 2006 lalu, secara mengejutkan Jepang sukses menahan imbang Jerman dengan skor 2-2. Tim Samurai Biru unggul lebih dulu melalui dua gol dari Naohiro Takahara, sebelum dibalas oleh gol Miroslav Klose dan Bastian Schweinsteiger.

Sebelum laga semalam, Jerman difavoritkan untuk melanjutkan dominasi tidak pernah kalah dari Jepang. Apalagi Jerman turun dengan kekuatan penuh di Piala Dunia 2022 ini. 7 ant

SUSUNAN PEMAIN
Jerman (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 15-Niklas Suele, 23-Nico Schlotterbeck, 2-Antonio Ruediger, 3-David Raum; 6-Joshua Kimmich, 21-Ilkay Guendogan (8-Leon Goretzka 67'); 10-Serge Gnabry, 14-Jamal Musiala (11-Mario Goetze 79'), 7-Kai Havertz (9-Niclas Fuellkrug 79'); 13-Thomas Mueller (18-Jonas Hofmann 67')

Jepang (4-5-1): 12-Shuichi Gonda; 19-Hiroki Sakai (10-Takumi Minamino 74'), 22-Maya Yoshida, 4-Ko Itakura, 5-Yuto Nagatomo (9-Kaoru Mitoma 57'); 6-Wataru Endo, 17-Ao Tanaka (8-Ritsu Doan 71'); 14-Junya Ito, 15-Daichi Kamada, 11-Takefusa Kubo (16-Takehiro Tomiyasu 46'); 25-Daizen Maeda (18-Takuma Asano 57')

Komentar