nusabali

G20 Sukses, Pemkab Badung Haturkan Satwa di Segara Geger

  • www.nusabali.com-g20-sukses-pemkab-badung-haturkan-satwa-di-segara-geger

MANGUPURA, NusaBali.com – Pemkab Badung mengucap syukur atas kesuksesan perhelatan KTT G20 dan berbagai side events yang dilaksanakan di Bali khususnya Kabupaten Badung.

Rasa syukur ini ditunjukkan dengan pelaksanaan upacara Pamahayu Jagat di Segara Geger, Desa Adat Peminge, Kecamatan Kuta Selatan pada Tilem Sasih Kalima, Buda Pon Tolu, Rabu (23/11/2022).

Pada ritual Pamahayu Jagat tersebut, mewakili Pemkab Badung, Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa terlibat langsung menaiki perahu karet untuk melaksanakan mulang pakelem (penenggelaman) Tawur Panca Rupa. Satwa yang dihaturkan oleh Sekda Adi Arnawa berupa kambing ireng.

“Kami Pemkab Badung melaksanakan mulang pakelem di Segara Geger guna mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Sang Hyang Widhi Wasa atas kesuksesan pelaksanaan G20 di Kabupaten Badung,” ujar Adi Arnawa di sela-sela pelaksanaan ritual tersebut.

Selain kambing, ada tiga jenis satwa lain yang dihaturkan yakni bebek, ayam, dan angsa. Ritual yang tergolong Bhuta Yadnya ini dipuput oleh dua sulinggih. Ida Pedanda Buruan dari Griya Pasraman Manuaba di Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal dan Ida Pedanda Putra Bukit dari Griya Budha Panti di Denpasar.

Foto: Kadis Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha menyaksikan rangkaian prosesi ritual. -IST

Adi Arnawa berharap bahwa setelah dilaksanakan ritual mengucap syukur kepada semesta ini, Kabupaten Badung dapat lebih dipercaya untuk menggelar acara berkaliber internasional lainnya. Birokrat asal Kecamatan Kuta Selatan ini juga berharap Bali dan Indonesia tetap kuat secara ekonomi menghadapi kemungkinan perburukan kondisi ekonomi global pada tahun 2023.

Selain dihadiri oleh komponen dari jajaran Pemkab Badung seperti Kepala Dinas Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, turut hadir pula bendesa adat se-Kuta Selatan dan perwakilan insan perhotelan dari ITDC The Nusa Dua.

“Tidak lupa rasa terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada masyarakat Badung yang sudah turut berkontribusi terhadap kesuksesan perhelatan G20 ini,” tandas Adi Arnawa. *rat

Komentar