nusabali

Tim BNPB Turun, Jalan Jebol di Sidawa Segera Diperbaiki

  • www.nusabali.com-tim-bnpb-turun-jalan-jebol-di-sidawa-segera-diperbaiki

BANGLI, NusaBali
Jalan Bebalang - Tamanbali, di Bajar Sidawa, Desa Tamanbali, Bangli, yang jebol sejak tahun 2020, akan segera ditangani.

Pemkab Bangli mengusulkan perbaikan jalan tersebut ke jalan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tim dari BNPB pun turun ke lokasi untuk memverifikasi. Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli Sang Ketut Supriadi mengatakan, akibat bencana mengakibatkan beberapa fasilitas umum berupa jalan dan sarana pendukungnya rusak. Untuk penanganan kerusakan akibat bencana, pada tahun 2021, Pemkab Bangli melalui BPBD mengajukan permohonan anggaran perbaikan ke BNPB. Ada sembilan usulan yang diajukan, salah satunya jalan Sidawa- Tamanbali.

"Dari sembilan usulan itu, ada delapan  usulan rekontruksi jalan yang disetujui pihak BNPB, karena satu usulan yakni  rekontruksi jalan Banjar Tegalalang tembus Dusun Tambahan, Desa Jehem telah diperbaiki menggunakan anggaran APBD Bangli,” jelasnya Selasa (22/11).

Lebih lanjut, Bangli mohon bantuan itu lewat e- proposal. Setelah proposal masuk tim dari pusat turun memverifikasi. Disebutkan, rencana realisasi bantuan saat ini sedang berproses di Kementerian Keuangan. Pihaknya optimis anggaran rehabilitasi akan turun awal tahun 2023. "Setelah anggaran turun akan bisa langsung dilakukan proses tender untuk pengambilan pekerjaan," tegasnya.

Ditambahkan, anggaran rehabilitasi delapan titik jalan mencapai Rp 8,6 miliar. Di antaranya,   rehabilitasi jalan Sidawa –Tamanbali Rp 1,6 miliar, jalan Selati- Tanggahan Talangjiwa Rp 1,5 miliar, jalan Penglipuran-Tirta Dedari Rp 1,3 miliar, jalan Penulisan- Sukawanan Rp1,6 miliar lebih, jalan Bangbang-Penaga-Landih Rp 470 juta,jalan Penataan–Pukuh Rp 700 juta dan rehabilitasi jalan dan bangunan pelengkap jalan pada ruas jalan Abuan sebesar Rp 532 juta.

Besaran anggaran yang diusulkan bedasarkan kajian teknis dari Dinas PUPR Perkim. "Rancangan dari Dinas PUPR," ujar Kabid asal Desa Tamanbali ini. *esa.

Komentar