nusabali

KPK Kampanye Anti Korupsi di Radio Gelora Gianyar

  • www.nusabali.com-kpk-kampanye-anti-korupsi-di-radio-gelora-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar talkshow anti korupsi yang disiarkan melalui Radio Gelora yang dikelola Pemkab Gianyar, Selasa (22/11).

Talkshow dengan tema Kolaborasi KPK, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat dalam Kampanye Antikorupsi melalui Peringatan Road to Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022 menghadirkan narasumber PIC Korsup Wilayah V KPK RI, Handayani dan Ardyansah didampingi Inspektorat Gianyar.

Dalam upaya pemberantasan korupsi di Bali, KPK menerapkan tiga strategi utama yaitu pendidikan antikorupsi, pencegahan, dan penindakan. “Kampanye dan sosialisasi peringatan Hari Antikorupsi sedunia dilakukan sejak tanggal 24 sampai 26 November. Puncaknya dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2022 di Jakarta,” kata Handayani. Hakordia 2022 diharapkan menjadi tonggak untuk menguatkan kembali partisipasi masyarakat dalam memberantas korupsi, sehingga Indonesia maju dan siap menghadapi tantangan global.

Capaian program pencegahan korupsi melalui Monitoring Center for Prevention (MCP), Bali selalu menunjukkan nilai yang sangat baik dibanding wilayah lainnya. Pada tahun 2020 nilainya 88,48%, tahun 2021 sebesar 92,98%, dan tahun 2022 (hasil sementara) sebesar 90.54%. Capaian-capaian tersebut bahwa Provinsi Bali bisa menjadi contoh bagi daerah lain di 6 provinsi. Capaian tersebut tidak lepas dari kolaborasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Masing-masing lembaga berkontribusi mengkampanyekan upaya-upaya mencegah korupsi secara lebih massif dan dikemas se-edukatif mungkin, se-informatif mungkin, dan juga dengan kampanye menyenangkan. “Misalnya dengan kegiatan kesenian dan senam antikorupsi,” kata Handayani. Rangkaian Hakordia di Gianyar juga akan diadakan senam anti korupsi Road to Hakordia pada Sabtu 26 November 2022. Senam dilangsungkan di Alun-alun Gianyar dengan berbagai acara di antaranya senam antikorupsi, lawak Celekontong Mas, pameran UMKM, hingga tanda tangan massal antikorupsi. *nvi

Komentar