nusabali

Novanto Sibuk, Show of Force SGB Ditunda

  • www.nusabali.com-novanto-sibuk-show-of-force-sgb-ditunda

Show of force acara penyerahan rekomendasi dan deklarasi Ketut Sudikerta sebagai Calon Gubernur (Cagub) Bali yang telah dirancang DPD I Golkar Bali, Senin (15/5) nanti, di Monumen Perjuangan Rakyat Bali ‘Bajra Sandhi’ Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, urung terlaksana.

DENPASAR, NusaBali
Masalahnya, rekomendasi Cagub Bali 2018 belum beres, karena Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto sedang sibuk.

Sumber NusaBali di internal Golkar menyebutkan, rekomendasi Cagub Bali 2018 buat Ketut Sudikerta SGB belum selesai, sehingga acara deklarasi SGB (Sudikerta Gubernur Bali) terpaksa diundur dari rencana semula 15 Mei 2017. “Deklarasinya batal 15 Mei 2017, karena rekomendasi Cagub Bali 2018 belum diteken,” ujar sumber tersebut, Kamis (11/5).

Dia menyebutkan, rekomendasi Cagub Bali 2018 buat SGB belum beres, karena terbentur kesibukan Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto. “Pak Setnov kan nggak mengurus satu rekomendasi saja. Banyak Pilkada yang harus diurus. Jadi, belum ada kepastian kapan rekomendasi Cagub Bali 2018 akan diserahkan,” ujar kader senior Golkar ini.

Namun, informasi lainnya dari DPD I Golkar Bali, setelah 15 Mei batal, deklarasi nantinya akan digelar 17 Mei 2017. Menurut Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPD I Golkar Bali, I Gusti Putu Wijaya, acara deklarasi bukannya batal, namun jadwalnya dimundurkan.

Wijaya menegaskan, show of force ‘penyerahan rekoendasi dan deklarasi SGB sebagai Cagub Bali 2018’ diundur, karena Setya Novanto tidak bisa hadir 15 Mei 2017. DPD I Golkar Bali harus mengikuti agenda Setya Novanto. “Kita mengikuti jadwal Pak Setya Novanto saja. Deklarasinya nanti digelar 17 Mei 2017 di tempat yang sama,” tandas Wijaya saat dikonfirmasi NusaBali secara terpisah di Denpasar, Kamis kemarin.

Menurut Wijaya, rekomendasi Cagub Bali 2018 buat SGB sebetulnya sudah ada. Karenanya, kader Golkar diimbau tidak berasumsi. Kalau toh acara deklarasi diundur, itu karena Ketua Umum DPP Golkar tidak bisa hadir 15 Mei. “DPP Golkar sudah konfirmasi soal agenda deklarasi 17 Mei 2017. Rekomendasi Cagub sudah selesai kok,” lanjut mantan anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali di era Orde Baru ini.

DPD I Golkar Bali sendiri sebelumnya sudah rapat finalisasi untuk perersiapan acara penyerahan rekomendasi dan deklarasi SGB sebagai Cagub Bali 2018, yang diagendakan di Bajra Sandhi, Senin depan. Persiapan acara tersebut difinalkan dalam rapat di Kantor Sekretariat DPD I Golkar Bali, Jalan Surapati Nomor 9 Denpasar, Selasa (9/5) lalu.

Ketua DPD I Golkar Bali, Ketut Sudikerta, saat itu menyebutkan agenda penyerahan rekomendasi dan deklarasi SGB sebagai Cagub Bali 2018 akan dihadiri langsung Ketua Umum DPP Golkar, Setya Novanto.

“Acaranya konsolidasi dan penyerahan rekomendasi Cagub Bali 2018. Acara ini sudah pasti digelar di Bajra Sandhi, 15 Mei 2017. Ketua Umum DPP Golkar Pak Setya Novanto sudah sampaikan akan hadir. Jadi, semuanya sudah final ini. Nanti tinggal rapat mematangkan persiapan secara teknis,” tegas Sudikerta seusai rapat hari itu. * nat

Komentar