nusabali

Sepekan, BPBD Denpasar Tangkap 16 Ular dan Biawak

  • www.nusabali.com-sepekan-bpbd-denpasar-tangkap-16-ular-dan-biawak

Jenis ular yang diamankan di antaranya ular sawah, kobra, piton. Dan seekor biawak panjang sekitar 1 meter dan diameter 5 cm masuk rumah di Jalan Suli, Kelurahan Tonja, Denpasar Utara.

DENPASAR, NusaBali

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menangkap 16 ekor ular dan biawak hanya dalam kurun waktu sepekan pada 14–21 November 2022. Penangkapan dilakukan atas laporan warga, karena ular dan biawak masuk rumah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa, Senin (21/11), mengatakan pihaknya memiliki tim rescue khusus untuk penangkap ular dan biawak. Jenis ular yang diamankan beragam mulai dari ular sawah, ular kobra, sampai ular piton.

Ular yang ditangkap juga memiliki berbagai ukuran bahkan ada yang memiliki panjang 5 meter. Dia mengatakan kemungkinan ular tersebut masuk rumah karena habitatnya terganggu. Apalagi saat musim hujan, sarang ular terendam air.

Gus Joni—sapaan akrab Ida Bagus Joni Ariwibawa—mengimbau agar masyarakat membersihkan lingkungan sekitar rumah untuk menghindari kejadian serupa terulang kembali. “Antisipasinya dengan membersihkan lingkungan sekitar dari rerimbunan semak yang bisa menarik perhatian ular,” kata Gus Joni.

Menurut Gus Joni, pada Senin kemarin, pukul 05.30 Wita BPBD mengamankan ular di rumah warga di Jalan Seroja Perum Nindya Indah 1, Denpasar. Ular ini berjenis ular sawah dengan panjang 1 meter. Sebelumnya pada 20 November 2022, pihaknya juga mengamankan seekor ular kobra di Jalan Dam Peraupan I, Peguyangan Kaja, Denpasar Utara dengan panjang sekitar 1,5 meter.

Pada Sabtu, 19 November 2022 juga mengamankan seekor ular kobra di toko di kawasan Jalan Wahidin, Denpasar. Ular kobra ini memiliki panjang 1,5 meter dengan diameter sekitar 3 centimeter.

Sementara pada Jumat (18/11/2022), BPBD menangani empat ekor ular yang masuk rumah warga. Pertama ular masuk rumah di Jalan Gunung Mas 1A, Banjar Dukuh Sari, Padangsambian Kaja, Denpasar Barat dengan jenis ular jali dengan panjang 50 centimeter dan diameter 2 centimeter.

Kedua menangani ular kobra masuk rumah di Jalan Sekar Jepun IV, Banjar Kertagraha, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur dengan diameter 50 centimeter. Ketiga ular masuk rumah di Jalan Gunung Andakasa Gang VIII, Padangsambian Kaja, Denpasar Barat. Ular ini jenis ular piton dengan ukuran panjang sekitar 4 meter.

“Keempat, menangani ular masuk rumah di Jalan Juet Sari Gang Lembu Sora, Desa Pemogan, Denpasar Selatan. Ular ini berjenis piton dengan panjang sekitar 2,5 meter,” ucap Gus Joni.

Selain itu, pada Kamis (17/11/2022) juga mengamankan dua ekor ular dan satu ekor biawak yang masuk rumah. Ular sanca masuk rumah di Jalan Imam Bonjol Gang Nyuh Gading, Denpasar Barat dengan ukuran panjang sekitar 5 meter.

“Bahkan seekor biawak masuk rumah di Jalan Suli, Kelurahan Tonja, Denpasar Utara. Panjang biawak sekitar 1 meter dan diameter 5 cm. Juga mengamankan ular masuk rumah di Jalan Saridana VI Denpasar dengan jenis piton sepanjang 2,5 meter,” papar Gus Joni.

Pada 15 November 2022 mengamankan seekor ular piton di Jalan Cokroaminoto Gang Mawar, Banjar Sedana Merta, Ubung, Denpasar Utara. Ular ini memiliki panjang 1,5 meter dengan diameter 4 centimeter. Dan pada, 14 November 2022 BPBD Kota Denpasar menangani 5 ekor ular.

Pertama mengamankan ular masuk rumah di Jalan Fujiyama, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara dengan jenis kobra sepanjang 1 meter dan diameter 3 cm.

“Kedua, ular masuk rumah di Jalan Gunung Andakasa Nomor 4 X, Banjar Penamparan, Kelurahan Padangsambian, Denpasar Barat dengan jenis piton berukuran 1,5 meter dan diameter 3 centimeter.

Ketiga, ular masuk rumah di Jalan Gurita IV Gang Pari, Banjar Karya Darma, Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan, jenis ular piton dengan panjang 1 meter dan diameter 3 cm. Keempat, ular masuk kantor di Jalan Ciung Wanara IV, Denpasar, jenis ular kobra sepanjang 1 meter. Dan kelima, ular masuk rumah warga di Jalan Pakis Aji, Denpasar dengan jenis ular jali sepanjang 30 cm. *mis

Komentar