nusabali

Senat Undiksha Tetapkan Empat Bakal Calon Rektor

Prof Suparta Lolos di Perpanjangan Pendaftaran

  • www.nusabali.com-senat-undiksha-tetapkan-empat-bakal-calon-rektor

SINGARAJA, NusaBali 

Panitia Pemilihan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menetapkan empat bakal calon rektor periode 2023-2027.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam Rapat Senat Undiksha pada, Jumat (18/11) pagi. Ketua Senat Undiksha, Prof Dr I Nyoman Sudiana mengatakan pada masa perpanjangan pendaftaran bakal calon rektor yang berlangsung dari 3-9 November 2022, terdapat satu orang pendaftar, yaitu Prof Dr I Nengah Suparta. Berdasarkan hasil verifikasi administrasi, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Undiksha ini dinyatakan memenuhi syarat.

Ia pun menyusul tiga pendaftar sebelumnya yang dinyatakan telah memenuhi syarat, yaitu Prof Dr I Wayan Lasmawan, yang saat ini menjabat Wakil Rektor II Undiksha, Dr I Ketut Sudiana, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), dan Dr I Wayan Artanayasa, Wakil Dekan II Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha. "Empat nama tersebut diputuskan dan ditetapkan sebagai bakal Calon Rektor Undiksha periode 2023-2027. Sudah memenuhi persyaratan minimal empat balon dalam rangka pemilihan rektor," kata Prof Sudiana.

Tahapan selanjutnya, empat bakal calon rektor akan menyampaikan visi misi yang dijadwalkan pada 15 Desember 2022 di hadapan Senat Undiksha, perwakilan dari civitas akademika, dan juga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau yang mewakili. Tahapan ini merupakan bagian dari penyaringan dan menjadi penentu tiga nama calon rektor yang akan mengikuti pemilihan yang dijadwalkan pada Januari 2023. Pemilihan akan dilakukan oleh senat dan juga Mendikbud Ristek. "Akan dipilih 3 calon rektor untuk mengikuti pemilihan yang dilaksanakan pada tahun 2023," ungkap Prof Sudiana.

Pendaftaran bakal calon rektor Undiksha sendiri dilakukan dari 26 September hingga 14 Oktober 2022. Terdapat empat orang pendaftar, yaitu Prof Dr I Wayan Lasmawan, yang saat ini menjabat Wakil Rektor II Undiksha, Prof Dr I Nengah Suparta, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr I Ketut Sudiana, Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), dan Dr I Wayan Artanayasa, Wakil Dekan II Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha.

Namun pendaftaran bakal calon Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja periode 2023-2027 terpaksa harus diperpanjang 3 hingga 9 November 2022, karena satu bakal calon yang tidak memenuhi syarat administrasi, yakni Prof Dr I Nengah Suparta MSi yang saat ini menjabat Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Undiksha.

Namun saat perpanjangan masa pendaftaran Prof Suparta kembali mendaftar dan persyaratannya kemudian lengkap, sehingga ditetapkan sebagai bakal calon rektor bersama tiga orang bakal calon lainnya. Jabatan Rektor Undiksha yang kini diisi Prof Dr I Nyoman Jampel akan berakhir pada 13 April 2023 mendatang. Prof I Nyoman Jampel sendiri telah menjabat Rektor Undiksha selama dua periode, yakni periode 2015-2019 dan periode 2019-2023. Karena sudah dua periode, otomatis Prof Jampel tak bisa maju lagi. Sehingga dalam pemilihan rektor ini tidak ada calon berstatus incumbent, semua calon berstatus new comer (pendatang baru). *mz

Komentar