nusabali

Bangli Anggaran Pelatihan Pariwisata Rp 1 Miliar Lebih

  • www.nusabali.com-bangli-anggaran-pelatihan-pariwisata-rp-1-miliar-lebih

BANGLI, NusaBali
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli akan menggelar pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan pariwisata daerah.

Tahun 2023 , anggaran pelatihan pariwisata ini mencapai Rp 1 miliar lebih. Kabid Pemasaran Pariwisata Disparbud Bangli Ida Bagus Sutha Maharinaldi mengatakan pelatihan yang dilakukan guna meningkatkan kualitas SDM pelaku pariwisata lokal. Upaya ini dalam menghadapi pasca pandemi serta mengembangkan potensi pariwisata baru di Bangli. Pelatihan nanti meliputi tata kelola bisnis, digitalisasi, desa wisata, geowisata dan kuliner.

"Kegiatan pelatihan di tahun 2023 ada penambahan geowisata. Geowisata pariwisata minat khusus dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam seperti bentuk bentang alam, batuan, struktur geologi dan sejarah kebumian, sehingga diperlukan peningkatan pengayaan wawasan dan pemahaman proses fenomena fisik alam," jelasnya Minggu (20/11).

Sasaran kegiatan pelatihan adalah pelaku usaha dan juga kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Lanjutnya, untuk peningkatan kwalitas SDM pemerintah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1.052.920.000. Jumlah ini lebih besar dibandingkan anggaran tahun 2022 sekitar Rp 900 jutaan. Sementara itu untuk kegiatan pelatihan tahun 2022 masih menyisakan satu kegiatan. "Kami masih ada satu kegiatan pelatihan yakni pengelolaan homestay yang akan dilaksanakan besok Senin 21 November. Setelahn peserta melakukan visiter di Kecamatan Ubud, Gianyar," ujarnya. *esa

Komentar