nusabali

Cegah Penipuan pada Calon PMI, Pemkab Sebar Data Agen Resmi

  • www.nusabali.com-cegah-penipuan-pada-calon-pmi-pemkab-sebar-data-agen-resmi

NEGARA, NusaBali
Guna mencegah penipuan kepada calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ataupun mencegah pemberangkatan PMI secara ilegal, Pemkab Jembrana berupaya membangun ekosistem pelindungan kepada  calon PMI dan PMI.

Dalam membangun ekosistem tersebut, melibatkan jajaran pemerintah desa/kelurahan yang kini rutin diberikan data tentang agen Perusahaan Penempatan PMI (P3MI) resmi di Indonesia.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan, Produktifitas, Penempatan, Pelatihan dan Transmigrasi (P3T) pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana, Ni Made Candrawati, Jumat (18/11) lalu. "Selama ini, masalah pemberangkatan kerja keluar negeri yang merugikan masyarakat terjadi karena tidak lewat agen resmi. Nah itu yang sekarang kita atasi dengan memperluas informasi ke desa-desa," ujar Candrawati seizin Kepala Dinas PMPTSPTK Jembrana I Made Gde Budhiarta.

Menurut Candrawati, sejatinya untuk data P3MI itu ada di Pemerintah Pusat dan selalu di-update dalam jangka waktu tertentu. Untuk mendapatkan akses data yang selalu terupdate itu, merupakan salah satu implementasi dari penandatangan MoU antara Pemkab Jembrana dengan Badan Pelindungan PMI (BP2MI) di Gedung Auditorium Jembrana, Jumat (28/10) lalu.

"Sekarang setiap menerima data terbaru, kita langsung teruskan lewat link (pralana) yang kita sebar ke seluruh desa dan kelurahan. Begitu link-nya diklik, langsung akan terima surat yang berisi data P3MI yang izinnya masih aktif. Termasuk di sana juga ada data P3MI yang izinnya sudah dicabut, termasuk lampiran keputusan Pusat mengenai Negara-Negara yang sudah bisa dibuka untuk penempatan PMI," ucap Candrawati.

Sebelumnya, bersamaan acara penandatangan MoU dengan pihak BP2MI beberapa waktu lalu itu, juga dilaksankan penandatangan pakta integritas oleh para Perbekel/Lurah dan Camat se-Jembrana. Di mana pakta integritas itu, juga menyangkut komitmen jajaran Pemerintah Desa/Kelurahan untuk bersama-sama mencegah pemberangkatan PMI ilegal.

"Jadi kalau mau mencari informasi agen-agen kerja ke luar negeri yang resmi, bisa tanyakan ke desa. Atau bisa juga langsung ke kita (dinas). Nanti untuk setiap warga Jembrana yang akan kerja ke luar negeri, kita akan buatkan Id CPMI," ujar Candrawati.

Selain kerja sama mengenai data P3MI, Candrawati mengatakan, dalam MoU bersama BP2MI, juga memuat tentang kerjasama penyaluran PMI asal Jembrana. Dengan kerjasama itu, nantinya diharapkan lebih banyak masyarakat Jembrana yang bisa mendapat akses bekerja ke luar negeri melalui program government to government (G to G) dari BP2MI.*ode

Komentar