nusabali

Bank Sampah Dahlia Kumpulkan 239,7 Kg Sampah Dalam Sehari

  • www.nusabali.com-bank-sampah-dahlia-kumpulkan-2397-kg-sampah-dalam-sehari

DENPASAR, NusaBali
Bank Sampah Dahlia Banjar Benaya, Kelurahan Peguyangan, Denpasar Utara, mengumpulkan sebanyak 239,7 kilogram sampah dari warga, Minggu (20/11).

Pengumpulan sampah ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan kesadaran masyarakat memilah sampah dari sumber.
Lurah Peguyangan I Gede Sudi Arcana mengatakan, Kelurahan Peguyangan  memiliki 8 bank sampah. Bank Dahlia termasuk di antaranya yang aktif dan rajin menggelar kegiatan penimbangan sampah.

Agenda ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap pekan kedua atau ketiga tiap bulan. Warga setempat, menurut Gede Arcana, memiliki buku tabungan yang mencatat setiap hasil penimbangan sampah.

“Setiap hasil penimbangan sampah, akan dicatat pada buku tabungan tersebut. Warga biasanya akan menarik atau mencairkan tabungan tersebut setiap Hari Raya Galungan,” kata Gede Arcana.

Menurut Gede Arcana, hal ini memberi dampak positif bagi warga, dimana sampah yang dikumpulkan memiliki nilai ekonomis. Selain itu yang terpenting yakni edukasi agar warga memilah sampah di rumah tangga.  “Ini sekaligus edukasi pada warga, untuk membudayakan memilah sampah sejak dari rumah,” tandas Gede Arcana. *mis

Komentar