nusabali

Hari Ini, Desa Adat Besakih Gelar Ngerapuh di Gunung Agung

Pasca Wisman AS Tewas Jatuh ke Jurang Saat Mendaki

  • www.nusabali.com-hari-ini-desa-adat-besakih-gelar-ngerapuh-di-gunung-agung

AMLAPURA, NusaBali
Desa Adat Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem bersama segenap pamangku sajebag Pura Besakih sepakat menggelar ritual pembersihan (ngerapuh) lan prayascita pada Soma Umanis Tolu, Senin (21/11) hari ini.

Pelaksanaan upacara digelar di Gunung Agung tepatnya di ketinggian 2.350 meter dari permukaan laut (Mdpl) yang merupakan lokasi meninggalnya wisatawan Amerika Serikat (AS) Kevin Len Henderson,51, saat melakukan pendakian.

"Prosesi upacara nanti di Gunung Agung, tepatnya di ketinggian 2.350 meter dari permukaan laut, harus mendaki melalui jalur Pura Pengubengan Besakih, ngaturang banten prayascita dan banten ngerapuh. Selanjutnya mengambil tanah di lokasi kejadian, kemudian dibuang ke luah (sungai), tujuannya agar di jalur pendakian itu tidak lagi cuntaka," ujar Pamucuk Pamangku di Pura Besakih, I Gusti Mangku Jana yang mengkoordinasikan jalannya paruman di Bale Pasucian Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Minggu (20/11). Hadir dalam paruman kemarin Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiarta, Sabha Desa Adat Besakih Jro Mangku Wayan Gunatra, Kerta Desa Besakih Jro Gede Sudarta, segenap prajuru dan pamangku lainnya.

Mengenai upacara pembersihan di areal Pura Besakih yang rencananya terpusat di Pura Pengubengan Besakih pelaksanaannya masih menunggu hari baik. "Upacara di Pura Pengubengan Besakih dalam waktu dekat ini," kata Gusti Mangku Jana yang juga Pamangku di Pura Penataran Agung Besakih dan Pura Ulun Kulkul Besakih ini. Upacara tersebut nantinya terlaksana yang keempat kalinya, sejak tahun 2008. Sebab, telah empat kali terjadi musibah pendaki meninggal di jalur Pura Pengubengan Besakih.

Sesuai informasi di lapangan, wisman asal Texas, Amerika Serikat, Kevin Len Henderson,51, tewas setelah terjatuh ke jurang saat menuruni Gunung Agung di ketinggian sekitar 2.350 meter dari permukaan laut. Petugas gabungan di bawah pimpinan Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem I Gusti Ngurah Eka melakukan evakuasi melalui jalur pendakian Pura Pengubengan Besakih, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Jumat (18/11) malam. Petugas gabungan tiba di Pos Pura Pengubengan, Sabtu (19/11) pukul 02.30 Wita.

Kevin Len Henderson merupakan korban meninggal keempat saat mendaki di Gunung Agung melalui jalur Pura Pengubengan Besakih, sejak tahun 2008. Korban sebelumnya Muhammad Iqbal, 21, mahasiswa Universitas Widyatama Bandung, asal Lenteng Agung, Jakarta, mati terpental Senin (7 Januari 2008), sedangkan dua rekannya Eko Saputra Sudirman dan Yunita Indah Safitri, hilang.

Korban kedua, Monieb Setiabudi, 24, dari Jalan Gembong IV/17 Kelurahan Kapasar, Kecamatan Simokerto RT/RW 02/04 Surabaya, juga meninggal terpental ke jurang Kamis (7 Mei 2009), wisman Perancis Dominique Marle, 73, meninggal Jumat (3 Desember 2021), dan terakhir wisatawan Amerika Henderson. *k16

Komentar