nusabali

UMKM Karangasem Didorong Adaptasi Perkembangan Zaman

  • www.nusabali.com-umkm-karangasem-didorong-adaptasi-perkembangan-zaman

AMLAPURA, NusaBali.com - Sebagai upaya agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali, khususnya di Karangasem bisa berdaya saing, sebanyak 100 pelaku UMKM di Kabupaten Karangasem hadir dalam Workshop Peran Kemitraan UMKM dan BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Sabtu (19/11/2022).

Dalam workshop yang digelar di di Balai Serbaguna Desa Adat Telun Wayah, Desa Tri Eka Buana, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Anggota DPR RI Komisi VI Nyoman Parta menyampaikan bahwa  pelaku usaha harus haus akan ilmu baru dalam dunia branding, terlebih ketika ingin produknya memiliki nilai lebih dan naik kelas.

“Jangan bermental cukup, harus terus belajar dan adaptasi dengan perkembangan zaman, seperti sekarang sudah hadir banyak marketplace untuk memudahkan berjualan, maka harus dimanfaatkan dengan baik, maka UMKM harus bisa menguasai hal dasar seperti foto produk dan story telling product,” ungkap Parta. 

Selain itu, perlu dipahami cara membranding yang tepat untuk produk untuk meningkatkan nilai sebuah produk. Bagaimana memberikan nama, kemasan yang cocok dengan segala pertimbangan jenis produk yang dijual, hingga memikirkan strategi jualan. 

“Saat ini produk bisa dikenal dan dikirim kemana saja, jadi peluang ini harus kita bidik, selaras dengan peningkatan standar kualitas produk yang dimiliki,” tambahnya. 

Workshop ini hasil kolaborasi Anggota DPR RI Komisi VI, I Nyoman Parta  dan BUMN yang dalam kesempatan ini didukung oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, yang senantiasa mendukung suksesnya pembangunan nasional, tak terkecuali melalui penguatan daya saing UMKM.

 “Saya mengapresiasi PT  Adhi Karya (Persero) Tbk, yang sudah mendukung UMKM dengan beragam program positif, tidak hanya memberikan ruang dalam kegiatan seperti ini, namun juga memberikan akses kemudahan permodalan,” puji Nyoman Parta. 

PT Adhi Karya merupakan BUMN konstruksi dengan kredibilitas yang kuat di Indonesia. Setelah pelaksanaan right isue berbagai manfaat diperoleh Adhi Karya mendorong penyelesaian proyek strategis nasional, selain pengembangan bisnis dengan adanya right isue diharapkan perseroan juga memberikan manfaat bagi pemerintah, negara dan masyarakat. 

Dengan fokus Pemerintah saat ini penguatan UMKM, Adhi Karya juga memberikan kontribusi dan dukungan kepada UMKM untuk penguatan pembangunan nasional.

Sementara itu, salah satu peserta Komang Budi menyampaikan terima kasih, karena kegiatan ini bisa berlangsung di desanya yang tergolong masih jauh dari kota. 

“Kami sangat senang, akhirnya kami yang di pelosok dapat akses belajar untuk meningkatkan nilai produk kami, apalagi setelah acara ini kami diberikan konsultasi gratis, jadi kami akan maksimalkan,” ungkapnya. *nvi

Komentar