nusabali

KTT G20, Awal Kebangkitan Pariwisata Bali

  • www.nusabali.com-ktt-g20-awal-kebangkitan-pariwisata-bali

MANGUPURA, NusaBali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai, rangkaian perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi G20 dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia, termasuk di Pulau Bali.

“Kami lihat bahwa ini bukan hanya awal kebangkitan kita, tapi ini juga menjadi formula kebangkitan yang lebih inklusif di masa depan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam wawancara bersama Antara di Jimbaran, Bali, seperti dilansir Antara, Kamis.

Sandiaga berharap perhelatan KTT G20 pada November dapat meningkatkan pendapatan di sektor pariwisata di Bali.
Pemerintah juga memproyeksikan pertumbuhan pariwisata secara signifikan. “Tahun ini Bali bisa kita targetkan untuk tumbuh di angka mungkin posisi 5 besar nasional dan harapannya bisa menembus angka 5 sampai 6 persen,” kata Menparekraf.

Menurut Sandiaga, sektor pariwisata di Bali pada triwulan III 2022 menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan dan pertumbuhan ekonomi di Bali juga mencapai 8,1 persen.

Dia menjelaskan pertumbuhan itu ditopang oleh tiga penunjang wisata yakni sektor transportasi, akomodasi, dan pelayanan.

Sandiaga menjelaskan indeks pariwisata Indonesia juga naik 12 peringkat pada 18 bulan terakhir, melewati Malaysia, Thailand, dan Vietnam, menjadi peringkat 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021.

“Hal itu ternyata karena kebijakan kita yang memprioritaskan kebangkitan yang inklusif dan memprioritaskan penyiapan destinasi Bali dan lima destinasi super prioritas lainnya,” kata Sandiaga.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Bali pada triwulan III 2022 atau periode Juli-September tumbuh sebesar 8,09 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021.

Pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan II-2022 tumbuh sebesar 3,04 persen (yoy), meningkat dari triwulan I yang tercatat 1,46 persen (yoy).

Selain itu Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata selama Oktober-Desember 2022 akan berada di kisaran 5 persen. *

Komentar