nusabali

KTT G20 Tuntas, Pemeriksaan di Gilimanuk Tetap Diperketat

  • www.nusabali.com-ktt-g20-tuntas-pemeriksaan-di-gilimanuk-tetap-diperketat

NEGARA, NusaBali
Pasca berakhirnya KTT G20 di Nusa Dua, Bali, pemeriksaan pintu masuk Bali di Pelabuhan Gilimanuk masih diperketat. Meski ada pengurangan personel, namun pemeriksaan terhadap kendaraan, orang dan barang bawaan keluar-masuk Bali tetap dilakukan selama 24 jam.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Kamis (17/11), mengatakan operasi untuk fokus pengamanan KTT G20 berakhir per Kamis malam kemarin. Untuk penebalan personel yang sempat dikerahkan di Gilimanuk, dikurangi. Namun pola pengaman di Pos I (pemeriksaan masuk pelabuhan) maupun Pos II (pemeriksaan keluar pelabuhan) Pelabuhan Gilimanuk masih tetap diberlakukan seperti sebelum ataupun saat KTT.

"Pelaku perjalanan yang baru turun dari kapal (masuk Bali di Pelabuhan Gilimanuk) tetap kita periksa. Jadi tetap nanti dilakukan oleh personil Polres bersama Polsek yang bertugas di Pelabuhan Gilimanuk. Pola pengamanan tetap, hanya jumlah personel tidak sebanyak kemarin," ujar AKBP Juliana.

Di samping pemeriksaan di Pos II Pelabuhan Gilimanuk, setiap pelaku perjalanan yang masuk Bali juga diwajibkan melalui pemeriksaan validasi vaksin Covid-19. Alat kamera CTTV dengan pemindai wajah masih terpasang di Gilimanuk. Begitu juga dilakukan identitas di Pos Pemeriksaan KTP di Terminal Penumpang Gilimanuk.

"Sejumlah sarana prasarana pengamanan di Gilimanuk juga masih terpasang di Gilimanuk. Kemungkinan sarana prasarana itu juga masih tetap ditempatkan di sana. Kecuali yang milik Inafis atau memang diperlakukan di tempat lain, baru ditarik," ucap AKBP Juliana.

Selama pelaksanaan pengamanan KTT G20 di Pelabuhan Gilimanuk, AKBP Juliana mengaku tidak ada ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Jembrana terjaga dengan baik. "Cuaca dan kondisi perairan Selat Bali juga aman. Tidak ada gangguan arus penyeberangan," ujarnya.

AKBP Juliana mengatakan, sangat mengapresiasi sinergi kekompakan seluruh stakeholder yang terlibat dalam pengamanan KTT G20. Termasuk kepada masyarakat Jembrana yang telah mendukung sehingga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polres Jembrana dapat berjalan aman dan kondusif.

"Kita harapkan stabilitas keamanan ini juga bisa tetap terjaga dengan baik. Kita berterimakasih kepada semua pihak yang sudah ikut menyukseskan pola-pola pengamanan yang kita terapkan. Termasuk kepada masyarakat yang sudah ikut berperan aktif menjaga keamanan di lingkungan sekitar," ujar AKBP Juliana. *ode

Komentar