nusabali

Dua Hari, 55 Pesawat Kepresiden dan Delegasi VVIP Tinggalkan Bali

  • www.nusabali.com-dua-hari-55-pesawat-kepresiden-dan-delegasi-vvip-tinggalkan-bali
  • www.nusabali.com-dua-hari-55-pesawat-kepresiden-dan-delegasi-vvip-tinggalkan-bali

MANGUPURA, NusaBali
Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, mencatat telah melayani puluhan penerbangan kepulangan delegasi VVIP KTT G20.

Pencatatan selama dua hari terakhir, 55 pesawat delegasi VVIP telah meninggalkan Bali. Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, mengatakan bersama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan stakeholder terkait telah berhasil melayani kepulangan para pemimpin negara yang hadir dalam KTT G20, termasuk pesawat dari sejumlah organisasi internasional. Pada hari terakhir pelaksanaan KTT G20, Rabu (16/11), tercatat menjadi puncak kepulangan para pemimpin negara dan organisasi internasional.

“Pada Rabu (16/11) terdapat 39 keberangkatan pesawat para pemimpin negara dan organisasi internasional. Sedangkan pada hari ini (kemarin) tercatat 16 penerbangan pesawat para pemimpin negara dan organisasi internasional, termasuk pesawat Presiden Joko Widodo,” jelas Faik Fahmi, Kamis malam.

Faik Fahmi mengucap syukur kepulangan para pemimpin negara dan organisasi internasional berjalan lancar tanpa kendala apapun. Pelayanan Bandara Ngurah Rai terhadap penerbangan komersial reguler pun tidak berdampak secara signifikan. “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang bekerja sama demi kelancaran kepulangan para pemimpin negara serta organisasi internasional dan tetap dapat beroperasinya penerbangan komersial reguler,” katanya.

Dia merinci, saat puncak kepulangan delegasi pada Rabu lalu, Bandara Ngurah Rai mencatat ada 241 penerbangan komersial reguler terlayani, dengan rincian 126 penerbangan domestik dan 115 penerbangan internasional. Sementara itu, terdapat 93 pergerakan pesawat komersial reguler pada rentang waktu pukul 14.00 Wita hingga 20.00 Wita. “Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama kepada maskapai penerbangan, ground handling, serta instansi stakeholder lainnya atas sinergi dan kerja samanya, sehingga penanganan penerbangan komersial reguler dan penerbangan yang mengangkut delegasi KTT G20 berjalan dengan lancar, aman, serta selamat,” ucap Faik Fahmi.

Selama periode 13-16 November 2022 yang merupakan periode kedatangan dan keberangkatan delegasi KTT G20, Bandara Ngurah Rai menurut Faik Fahmi, melayani sebanyak 151.112 pergerakan penumpang komersial yang terdiri 72.920 penumpang rute domestik dan 78.192 penumpang rute internasional, serta 1.205 pergerakan pesawat udara komersial yang terdiri 659 pergerakan pesawat udara rute domestik dan 546 pergerakan pesawat rute internasional. “Selama proses itu, penerbangan reguler juga kita layani dengan baik semuanya. Ini berkat kolaborasi dan kerja sama semua pihak dalam menyukseskan KTT G20 dan pelayanan masyarakat juga tidak dikesampingkan,” katanya. *dar

Komentar