nusabali

Ketua Gapura Jack Puraro Kirim Pesan untuk Mahasiswa Papua di Bali

  • www.nusabali.com-ketua-gapura-jack-puraro-kirim-pesan-untuk-mahasiswa-papua-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Ketua Gerakan Pemuda Jayapura (Gapura) Jack Judzoon Puraro, memberikan pernyataan terbuka terkait insiden yang terjadi antara sejumlah mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Bali dengan ormas, aparat, dan pecalang pada Rabu (16/11/2022) di Denpasar.

Jack Judzoon Puraro mengingatkan agar mahasiswa Papua yang sedang berkuliah di luar daerah seperti di Bali, untuk fokus melaksanakan kewajiban utamanya yaitu belajar.

"Ingat saudara itu (mahasiswa) datang ke Bali bukan untuk melakukan demonstrasi. Apapun situasi dan kondisi yang terjadi di negeri ini, tugas utama kalian adalah belajar," ujar Jack Puraro yang dikutip dari sosial media Instagram @infoserangan, Kamis (17/11/2022).

Pernyataan ini diberikan Jack Purarao untuk menanggapi aksi menentang perhelatan KTT G20, dan permintaan kemerdekaan bagi bangsa Papua Barat yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa AMP.

Lebih lanjut Jack Puraro menegaskan agar mahasiswa-mahasiswa tersebut untuk selalu gunakan otak dan akal sehatnya, saat menyampaikan tuntutan aspirasi.

"Apalagi dalam demonstrasi tuntutan kalian sudah sampai anarkis, saya pikir ini tidak logis dan etis, kalian sebagai mahasiswa haruslah berpikir kritis, dan jangan anarkis di daerah orang," tegasnya.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa kini daerah Papua sudah berkembang dengan baik, bahkan kini telah ada tiga provinsi baru yang telah dibentuk pemerintah di Papua.

Yaitu Provinsi Papua Selatan dengan ibu kota di Merauke, Papua Tengah dengan ibu kota Nabire, dan Papua Pegunungan dengan ibukota Jayawijaya.

Hal itu sebagai bentuk nyata pemerintah dalam mendukung percepatan pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat asli Papua.

Dan di akhir pernyataannya Jack Puraro pun mengajak seluruh mahasiswa yang ada di tanah rantau, saat mereka lulus nanti pulang kembali ke Papua dan membangun daerah tercintanya.

"Jadi berhentilah untuk melakukan tindakan demonstrasi yang ujungnya hanya akan merugikan diri kalian sendiri," pesannya.*aps

Komentar