nusabali

Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Penganyar di Pura Agung Kentel Gumi

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-ngaturang-bakti-penganyar-di-pura-agung-kentel-gumi

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung nganyarin serangkaian Karya Ngusaba Jagat di Pura Agung Kentel Gumi, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Buda Umanis Kulantir, Rabu (16/11).

Rombongan bakti penganyar dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta. Hadir Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra serta jajaran OPD.

Bupati Suwirta mengatakan upacara nganyarin ini merupakan rangkaian dari upacara Karya Ngusaba Jagat di Pura Agung Kentel Gumi yang bertujuan untuk menghaturkan rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara Sesuhunan yang berstana di Pura Agung Kentel Gumi, serta memohon keselamatan alam beserta isinya.

"Semoga upacara Karya Ngusaba Jagat ini berjalan lancar dan semua pamedek yang tangkil diberikan kesehatan dan keselamatan," harap Bupati Suwirta.

Puncak Karya Ngusaba Jagat ini sudah berlangsung pada rahina Purnama Kalima, Selasa (8/11) lalu. Selanjutnya Ida Bhatara Nyerjer dan Nyineb pada Saniscara Wage Kulantir, Sabtu (19/11) mendatang. Masih di hari yang sama, Bupati Suwirta juga melaksanakan persembahyangan serangkaian Karya Mamungkah Agung, Tawur Tabuh Gentuh, Mupuk Padagingan, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Manawaratna lan piodaan di Pura Pande Dalem Gandamayu, Desa Adat Gelgel, Kecamatan Klungkung. *wan

Komentar