nusabali

Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan di Bukti

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-tutup-akses-jalan-di-bukti

SINGARAJA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Banjar Dinas Yeh Sanih, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, mengakibatkan pohon tumbang, Rabu (16/11).

Pohon jenis Santen dengan diameter sekitar 60 cm tumbang hingga menutup akses jalan di sekitar lokasi. Kejadian itu telah ditangani tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng. Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan, pohon tumbang itu terjadi, Rabu pagi sekitar pukul 08.30 Wita. "Penyebabnya hujan deras disertai angin kencang. Batang pohon dan rantingnya sudah tua dan lapuk, sehingga tidak mampu menahan terjangan angin dan tumbang," ujar Ariadi Pribadi.

Pihaknya menerima laporan pohon tumbang dan langsung mengerahkan tim reaksi cepat (TRC) BPBD Buleleng untuk penanganan. Petugas mengevakuasi material pohon tumbang menggunakan peralatan 4 gergaji mesin. "Penanganan dilakukan selama tiga jam lebih mulai dari sekitar pukul 09.30 Wita dan selesai sekitar pukul 12.45 Wita," imbuh Ariadi Pribadi.

Ariadi Pribadi pun mengingatkan agar warga tetap waspada dengan hujan lebat yang disertai angin kencang. Khususnya bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan, seperti berkendara di jalan, mengingat saat ini sudah memasuki musim pancaroba dengan kondisi angin yang kencang yang bisa memicu pohon tumbang. *mz

Komentar