nusabali

Pangkoarmada II Pimpin Patroli Gunakan KRI Bima Suci

  • www.nusabali.com-pangkoarmada-ii-pimpin-patroli-gunakan-kri-bima-suci

DENPASAR, NusaBali - Panglima Komando Armada II, Laksamana Muda TNI Tolhas Sininta Nauli Basana Hutabarat pimpin langsung patroli di perairan selatan Bali, Rabu (16/11).

Patroli dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Grouping of Twenty (KTT G20) yang dipusatkan di Hotel Apurva Kempinski, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini menggunakan kapal perang (KRI) Bima Suci. 

KRI yang sebenarnya sebagai kapal latih bagi taruna angkatan laut itu melakukan patroli dari Dermaga Pelabuhan Benona, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan menuju ke lepas pantai Hotel Apurva Kempinski tempat pertemuan KTT G20 berlangsung. Selain utuk memastikan keamanan periaran, patroli ini juga untuk memastikan kesiapan dari belasan kapal perang lainnya yang lego jangkar di perairan selatan Bali. 

"Pengamanan KTT G20 Pulau Bali saya kelilingi dengan kapal perang. Kapal-kapal itu ditempatkan pada sektor yang telah ditentukan  Di sekitar Hotel Apurva, kapal perang siaga secara berlapis," beber Laksamana Hutabarat kepada wartawan yang turut dilibatkan dalam patroli tersebut. 

Jenderal bintang dua di pundak ini mengatakan pihaknya terus memanfaatkan KRI Bima Suci dalam setiap kegiatan. Meskipun sebenarnya kapal tersebut merupakan kapal latih taruna angkatan laut. Dikatakan ada tiga misi utama dari kapal dengan panjang 111,2 meter tersebut, yakni sebagai ambassador persahabatan antar negara, penampilan budaya, dan kapal latih bagi taruna akademi angkatan laut. 

Tujuan utama dari para taruna berlayar dengan kapal yang bergabung dengan Angkatan Laut 12 September 2017 ini adalah untuk belajar tentang navigasi astronomi. Selain  itu para taruna diajarkan cara menjalin persahabatan internasional tanpa memandang latar belakang. Dengan kapal ini diharapkan menghasilkan prajurit yang Dengan kapal ini diharapkan menghasilkan prajurit yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas. pol

Komentar