nusabali

Panglima TNI Pimpin Rakor Penyempurnaan Pengamanan KTT G20

  • www.nusabali.com-panglima-tni-pimpin-rakor-penyempurnaan-pengamanan-ktt-g20

MANGUPURA, NusaBali
Untuk menyempurnakan persiapan pengamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20), Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa langsung pimpin Rapat Koordinasi (Rakor), Sabtu (13/11).

Rapat yang digelar di Command Center Pengamanan KTT G20 di ITDC, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung itu diikuti para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) dan Dansubsatgas Pengamanan  KTT G20.

Hadir dalam pelaksanaan Rakor Pengamanan KTT G20 itu, yakni Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto selaku Dansatgas Pamwil VVIP dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, selaku Dansatgas Evakuasi  bersama Dansatgas Passus, Dansatgas Pam Laut, Dansatgas Pam Udara serta para Dansubsatgas Pengamanan Presidensi KTT G20 lainnya.

Tujuan digelarnya Rakor ini adalah untuk lebih memaksimalkan dan menyempurnakan semua kesiapan pengamanan, sehingga betul-betul terlaksana sesuai Protap yang berlaku. TNI dalam hal ini menginginkan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dan sekaligus tidak mengganggu kenyamanan para peserta KTT G20.

Panglima TNI Jenderal Andika mengungkapkan bahwa semua personel dan alutsista TNI sudah tergelar sejak tanggal 7 November 2022  lalu. Kegiatan Rakor ini merupakan penyempurnaan pengamanan yang sudah tergelar serta penghalusan pemahaman dari tiap-tiap personel pengamanan yang terlibat. Pasukan Khusus yang terlibat sekitar 280 personel yang terdiri dari Satgas Pasukan Khusus dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang ditempatkan baik secara statis maupun mobile.

“Dengan kinerja para prajurit yang sudah ditunjukkan selama kesiapan pengamanan KTT G20. Saya ucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada para Prajurit Satgas Pengamanan KKT G20 yang sudah bekerja keras mempersiapkan semua ini,” tutup Panglima TNI.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 merupakan suatu kehormatan besar bagi semua anggota Polri untuk menunjukkan kualitas pengamanan yang maksimal.

 "Seperti yang disampaikan Presiden, pengamanan ini belum tentu 20 tahun sekali. Oleh karena itu, anda-anda ada di sini terpilih dan jadikan itu kebanggaan dan kehormatan kalian," kata Kapolri saat meninjau kesiapan posko dan peralatan pengamanan personel di Pantai Geger, Badung, Sabtu (12/11).

Sebagai pertanggungjawaban atas kepercayaan yang besar tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit meminta personel yang terlibat pengamanan puncak perhelatan KTT G20 di Bali melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi sebagai anggota Polri. Dalam kesempatan tersebut, Kapolri memberikan keterangan bahwa hingga kini, semua personel dan peralatan pengamanan yang dimiliki personel Polri sudah tergelar dengan maksimal dan akan berfungsi apabila ada peralatan yang dibutuhkan dalam waktu tertentu.

Namun, dia mengakui ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan berkenaan dengan penyiagaan personel pada titik-titik yang dirasa perlu untuk dilakukan pengamanan tambahan berdasarkan evaluasi terhadap gelar pasukan dan Tactical Floor Game yang digelar bersama dengan Jenderal TNI Andika Perkasa. *pol, ant

Komentar