nusabali

LK3 Bantu Kursi Roda Penderita Stroke

  • www.nusabali.com-lk3-bantu-kursi-roda-penderita-stroke

GIANYAR, NusaBali
Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kabupaten Gianyar kini aktif menyusuri warga yang membutuhkan perhatian, terutama bidang kesehataan.

Ketua LK3 Kabupaten Gianyar I Nyoman Arjawa, di antaranya,  menjenguk Dewa Made Yasa,72 di rumahnya, Banjar Bandung, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar, Kamis (10/11) siang.

Kakek 7 cucu dari 3 anak ini menjadi salah satu perhatian LK3. Karena selain usia sepuh, Dewa Pekak, demikian kakek ini disapa, juga mengidap penyakit stroke sejak beberapa tahun lalu. Penyakit ini menjadikan kaki kanan dan tangan kanannya lumpuh.

Menurut istrinya, Desak Kt Merta Sari,68, sebelum sakit lumpuh, suaminya adalah aktif sebagai pedagang bebek atau itik. Berjualannya ke luar desa hingga Pasar Galiran di Kota Semarapura, Klungkung, dan pasar kota/kabupaten lain. Pada suatu hari, tahun 2011, Dewa Pekak bersama sang istri berjualan bebek di Pasar Pasar Galiran.

Saat itu, kakek ini ingin buang air kecil di parit, belakang pasar. Tiba-tiba, dia mendadak sakit hingga terjatuh di lokasi. Saat itu pula Dewa Pekak mendapatkan pertolongan secara medis di rumah sakit. Namun, penanganan secara medis itu belum mampu memulihkan kondisi kakek ini ke sedia kala. Pihak dokter memvonis kakek ini mengidap stroke. Kaki kanan dan tangan kanannya tak bisa digerakkan, lumpuh. Sakit ini menjadikan dia terbatas gerak. ‘’Sampun tahunan niki pragat meneng di bale sirepan manten. Ubad sekala-niskala sampun. Durung taler mrasidaaang kenak (sudah beberapa tahun suami saya hanya diam di tempat tidur. Berobat secara medis dan nonmedis, sudah. Toh, belum juga bisa sembuh seperti semula,’’ jelasnya.

Karena kondisi itu, Ketau LK3 Gianyar Nyoman Arjawa menyumbangkan sebuah kursi roda kepada Dewa Pekak. Dengan bantuan kursi roda, jelas dia, sakit apa pun, jika masih bia sedikit bergerak, harus digerakkan. Tentu dengan batasan-batasan tertentu. ‘’Tak boleh diam, biar urat-urat tubuh makin kaku. Semoga kursi roda ini bisa membantu untuk beraktivitas,’’ jelas pegiat sosial yang pelukis dan seniman topeng ini.

Kunjungan LK3 itu dihadiri Bhabinkamtibmas Desa Siangan Aiptu I Wyn Sutara. Polisi asal Desa Tegaltugu, Kecamatan Gianiar ini menyatakan keperihatinannya atas kondisi kesehatan kakek tersebut. Hadir juga Sekdes I Made Suarka, dan Kadus Bandung Dewa Ketut Merta.

LK3 dibentuk sesuai amanat Permensos RI No : 25 Tahun 2017. Pasal 2 menegaaskan LK3 dibentuk untuk mengatasi masalah psikososial keluarga, memulihkan kondisi psikososial keluarga, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan
memperkuat ketahanan keluarga.*lsa

Komentar