nusabali

Jalan Ngurah Rai Jebol Mulai Diperbaiki

  • www.nusabali.com-jalan-ngurah-rai-jebol-mulai-diperbaiki

BANGLI, NusaBali
Jalan Brigjen Ngurah Rai di Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, jebol beberapa waktu lalu, mulai diperbaiki oleh Pemkab Bangli.

Proses perbaikan diawali dengan pengerukan yang berlangsung sejak Kamis (10/11). Disisi lain, saat dilakukan pengerukan pipa Perumda Air Minum Tirta Danu Arta tergerus alat berat.

Pejabat Fungsional  jalan dan jembatan Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Miarsa mengakui proses perbaikan Jalan Brigjen Ngurah Rai sudah dimulai, dan pengambilan pekerjaan selama 30 hari. "Surat Perintah Kerja (SPK) untuk rekanan per tanggal 10 November 2022. Kegiatan  tersebut dikerjakan PT Wiratama Cahaya Mandiri dengan nilai kontrak Rp 190 juta," ungkapnya Jumat (11/10).

Pengambilan pekerjaan selama 30 hari kalender. Namun, jika cuaca mendukung proses pengerjaan diyakni bisa tuntas sebelum 30 hari. Menurut Wayan Miarsa, tahap awal pengerjaan dilakukan pengerukan dan selanjutnya membuat alas untuk box culvert. "Kami berharap perbaikan bisa cepat tuntas karena ruas jalan salah satu jalan utama," ujarnya.

Terpisah, Kabag Teknik Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Ida Bagus Prenawa mengatakan pada titik ruas jalan yang jebol terpasang tiga pipa distribusi. Diakui jika saat jalan tersebut jebol kondisi pipa masih aman. Kemudian awal pengerjaan jalan jebol tersebut dilakukan pengerukan dengan menurunkan alat berat dan salah satu pipa distribusi tergerus. "Karena ada kerusakan maka pendistribusian air bagi pelanggan di seputaran Jalan Brigjen Ngurah Rai d an sebagai LC Aya Bebalang, terganggu," sebutnya.

Menurut IB Prenawa untuk perbaikan sudah dilakukan namun perbaikan sifatnya darurat. Pihaknya masih menunggu proses pemasangan box culvert. Jika nantinya posisi box culvert lebih tinggi dari jaringan pipa yang yang ada saat ini maka akan rancang pembuatan sipon atau pengalihan jaringan pipa. *esa

Komentar