nusabali

IOH Bawa Teknologi Hijau, Komitmen Sukseskan KTT G20

  • www.nusabali.com-ioh-bawa-teknologi-hijau-komitmen-sukseskan-ktt-g20

MANGUPURA, NusaBali.com – Bukan hanya kendaraan ramah lingkungan yang dijadikan ‘branding’ Indonesia terhadap komitmen pada energi terbarukan. Teknologi ramah lingkungan pun juga diusung oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyambut KTT G20, 15-16 November di Nusa Dua, Bali.

Teknologi ramah lingkungan atau teknologi hijau (green technology) diterapkan dalam jaringan 5Gnya.  

Teknologi hijau yang didukung Huawei Indonesia ini telah diuji  di jaringan IOH dan berhasil  mengurangi konsumsi listrik hingga 25% yang akan berdampak baik pada pelestarian  lingkungan. 

“Hal ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan pengalaman 
digital kelas dunia untuk mendukung puncak presidensi G20 di Bali yang memiliki  dampak berkelanjutan bagi seluruh dunia," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha.

Langkah IOH itu pun mendapat apresiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI. 

“Kami mengapresiasi upaya bersama  dari para pelaku di industri telekomunikasi, termasuk IOH dan Huawei yang tidak sekadar menyediakan konektivitas bagi para delegasi, namun juga menyediakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan teknologi hijau yang sangat dibutuhkan bagi bumi,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal PPI Kementerian Kominfo RI yang sekaligus menjabat Ketua Kelompok Kerja Dukungan Infrastruktur Digital G20, Wayan Toni Supriyanto.

Kementerian Kominfo RI, kata Toni Supriyanto,  mendukung penuh penyelenggaraan rangkaian Presidensi G20 di mana salah satunya adalah dukungan penyediaan infrastruktur digital dengan kualitas terbaik. Kominfo juga berperan aktif sebagai pengampu Digital Economy Working Group (DEWG) dengan tiga isu prioritas yaitu pemulihan pascapandemi Covid-19 dan konektivitas; literasi digital dan kecakapan digital; serta  arus data lintas negara (cross-border data flow).

Sementara itu Steven Wang, President Director of Huawei Indonesia Carrier Business, mengatakan kebanggannya dapat mendukung Presidensi G20 di Bali bersama IOH. 

“Modul canggih  kami telah terbukti mengoptimalkan efisiensi penggunaan daya dan memberikan  kualitas jaringan yang lebih baik kepada konsumen. Sebagai pemimpin teknologi global, Huawei berkomitmen untuk menyediakan teknologi untuk membangun ekosistem  digital yang ramah lingkungan, hemat energi, dan mendukung pengembangan berkelanjutan seluruh ekosistem industry,” kata Steven Wang.

Menyambut KTT G20, Vikram Sinha menambahkan, IOH sudah menyiapkan tim operasional yang akan  memperkuat ketahanan jaringan dan melakukan pengawasan intensif melalui IOH Network Operation Center (INOC), meningkatkan layanan roaming internasional 5G, mendistribusikan kartu turis khusus Travel On
 
IOH juga semakin meningkatkan cakupan 5G dan pengalaman pengguna di bandara internasional I Gusti Ngurah Rai dan tempat-tempat utama G20 seperti di  Apurva Kempinski Bali, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, dan Bali Nusa Dua  Convention Center (BNDCC).


Komentar