nusabali

Wow, Pengembangan Peternakan Ayam Kini Gunakan Platform Berbasis Blockchain

  • www.nusabali.com-wow-pengembangan-peternakan-ayam-kini-gunakan-platform-berbasis-blockchain

JAKARTA, NusaBali.com - Sebuah perusahaan inovasi bisnis berbasis digital, Semesta Digital Asia secara resmi meluncurkan Token $CHIC yang merupakan bagian dari supply chain blockchain project, sebagai platform utama dalam pembentukan supply chain transparency di dunia poultry industry.

Peluncuran $CHIC merupakan upaya Semesta Digital Asia untuk membangun sebuah ekosistem poultry yang memiliki ketahanan dan kekuatan untuk menjadi ekosistem poultry terbesar di Asia Tenggara. CHIC menjadi ekosistem peternakan ayam pertama berbasis blockchain yang secara partisipatif melibatkan berbagai stakeholder untuk menciptakan ekosistem peternakan yang inklusif. 

Visi utama CHIC adalah mengentaskan kelaparan dunia melalui peningkatan ketahanan pangan dengan memberikan akses setara untuk semua orang dalam peningkatan kualitas hidup melalui Smart & Sustainable Poultry Ecosystem sebagai kendaraan utamanya. 

Peluncuran Token $CHIC dimulai dengan dibukanya pre-private sale pada hari Selasa (8/11/2022) pukul 22.00 WIB. Harga pre-private sale $CHIC telah ditetapkan pada USD 0,05 dengan jumlah pembelian minimum ditetapkan pada 1 lot $CHIC sejumlah USD 15  atau Rp 300.000.

“Fokus kami adalah memberikan solusi alternatif dalam pengelolaan poultry industry. Kami ingin menciptakan ekosistem yang dapat dikelola secara independen dengan menggunakan platform berbasis blockchain sehingga memberikan akses dan transparansi bagi semua pelaku industri yang terlibat serta masyarakat luas sebagai konsumen dari produk ekosistem ini,” kata CEO dan Founder CHIC, Alphanimo Buchika. 

Dengan keterlibatan banyak pihak dan supply chain yang transparan, Alphanimo Buchika yakin ekosistem ini akan menjadi yang terbesar, dimulai dari Asia Tenggara. 

Untuk mewujudkan visi besar tersebut, Semesta Digital Asia melakukan desentralisasi kepemilikan supply chain melalui business model Condofarm (breeder) dan Token $CHIC. 

Condofarm adalah bisnis model peternakan ayam yang menggunakan pendekatan desentralisasi dalam kepemilikan kandang ayam, sedangkan Token $CHIC diluncurkan sebagai upaya fundraising yang berkontribusi dalam proses pembangunan program-program ekosistem, seperti desentralisasi kepemilikan Kandang, Rumah Potong Ayam, jaringan retail produk ayam, industi pakan, dan bibit ayam potong kualitas terbaik serta Token $CHIC akan menjadi alat transaksi di dalam internal ekosistem. 

Smart & Sustainable Poultry Ecosystem dibangun menggunakan sistem blockchain untuk menciptakan ekosistem yang transparan, efisien, akurat, dan akuntabel sehingga seluruh stakeholder yang terlibat dapat melakukan monitoring dan tracking

Bentuk langsung public monitoring blockchain akan digunakan untuk menggambarkan perjalanan DOC (Day Old Chick –ayam di bawah 10 hari) mulai dari pengelolaan penetasan DOC, pembesaran, informasi pasokan makanan, hingga menjadi produk yang siap dikonsumsi. 

Blockchain yang digunakan CHIC memberikan keuntungan bagi para pelaku pasar hingga konsumen dalam mengembangkan Smart and Sustainable Poultry Ecosystem. 

Token $CHIC memiliki nilai yang kuat karena digunakan sebagai fundraising ekosistem peternakan ayam. 

Kolaborasi yang dilakukan CHIC dengan banyak pihak memastikan bahwa nilai token $CHIC akan  selalu berkembang di masa yang akan datang. 

Melalui $CHIC, Semesta Digital Asia berambisi untuk membangun peternakan ayam, Rumah Potong Ayam, feedmill, bibit ayam (DOC) secara masif dimulai dari 5 titik sebarang di Indonesia, serta menciptakan rantai hilir dengan berkolaborasi dalam pembuatan jaringan ritel pasar berupa restoran, outlet-outlet, dan poultry house yang langsung menyasar konsumen akhir ekosistem.

Ke depannya, para pemegang token dapat menggunakan $CHIC sebagai alat tukar di merchant yang merupakan mitra utama Token $CHIC dan mendapatkan penawaran khusus yang disiapkan untuk pengguna Token $CHIC. Dengan begitu, para pemegang Token $CHIC mendapatkan value sekaligus berpartisipasi dalam memperkuat swasembada pangan yang akhirnya berdampak pada peningkatkan standar sosial global.

Komentar