nusabali

Hari Pahlawan, LVRI Harap Generasi Muda Menjiwai Nilai Kepahlawanan

  • www.nusabali.com-hari-pahlawan-lvri-harap-generasi-muda-menjiwai-nilai-kepahlawanan

BANGLI, NusaBali
Hari Pahlawan di Kabupaten Bangli diperingati dengan upacara di halaman Kantor Bupati Bangli, Kamis (10/11).

Peringatan dilanjutkan dengan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan Penglipuran, Kelurahan Kubu, Bangli. Momen Hari Pahlawan ini agar bisa dijiwai oleh masyarakat Bangli, terutama kalangan generasi muda.

Ketua LVRI Bangli I Wayan Suara mengatakan Hari Pahlawan diperingati bersama dengan pemerintah daerah. Pada peringatan kali ini ada beberapa veteran yang hadir. "Kondisi veteran sudah sepuh, rata-rat usia 97 tahun," ujarnya.

Dia berharap para generasi muda supaya menjiwai nilai kepahlawanan seperti cinta tanah air, banga pada bangsa dan memiliki jiwa kesetiakawanan. "Momen hari pahlawan kali ini dibarengi dengan pelepasan kontingen Bangli untuk ajang Porprov, kami mendoakan agar putra putri Bangli berhasil dalam Porprov," sebutnya.

Wayan Suara mengakui, kegiatan veteran di Bangli juga mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah. Saat ini di Bangli terdapat 139 orang veteran yang terdiri dari veteran pejuang kemerdekaan dan pejuang pembela.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan Hari Pahlawan sebagai momen yang memberikan motivasi untuk semangat jengah membangun Bangli. Sifat-sifat kepahlawanan bisa memberi pengaruh bagi masyarakat Bangli. "Jiwa pengorbanan, gotong royong, ikhlas dalam memperjuangkan kemerdekaan yang menjadi tauladan. Saat ini dibutuhkan Pahlawan muda di berbagai bidang. Contoh di bidang olahraga," kata Politisi PDIP ini.

Terkait dukungan dukungan terhadap veteran, Bupati Sedana Arta mengatakan pemerintah melalui Dinas Sosial mengalokasi anggaran. Selain itu ketika ada kegiatan sosial, maka veteran yang diutamakan. *esa

Komentar