nusabali

Disperindag Denpasar Edukasi Pedagang Lewat Sekolah Pasar Rakyat

Diikuti 100 Pedagang Pasar Tegal Harum, Denbar

  • www.nusabali.com-disperindag-denpasar-edukasi-pedagang-lewat-sekolah-pasar-rakyat

DENPASAR, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar mengedukasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pedagang pasar tradisional dengan menggelar Sekolah Pasar Rakyat.

Sebanyak 100 pedagang Pasar Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat,  mengikuti Sekolah Pasar Rakyat yang digelar di Kantor Perbekel Tegal Harum, Rabu (9/11) dan Kamis (10/11).

Kegiatan yang dibuka Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar Anak Agung Gde Risnawan ini merupakan wahana edukasi sebagai upaya peningkatan kualitas SDM pasar. Hal ini juga merupakan persiapan sebelum kembalinya para pedagang ke Pasar Tegal Harum pasca revitalisasi.

Risnawan didampingi Kadis Perindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari, menjelaskan Sekolah Pasar Rakyat merupakan wahana belajar bersama, bertukar pikiran, serta tempat persamaan gagasan inovasi dan pemajuan pasar rakyat ke depan.

Dijelaskannya, pembangunan fisik Pasar Tegal Harum hendaknya dibarengi dengan pembangunan SDM. Sehingga secara berkelanjutan dapat menjaga kualitas mutu pasar guna menciptakan pasar yang sehat, segar, dan terpercaya.

Dengan dilaksanakannya sekolah Pasar Rakyat Pasar Tegal Harum ini pihaknya berharap pengelola dan pedagang pasar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan dan konsumen yang berbelanja. Tak hanya itu, Pasar Tegal Harum nantinya siap menuju SNI Pasar Rakyat. Hal ini lantaran pasar rakyat yang mendapatkan bantuan dana Tugas Pembantuan (TP) akan diusulkan untuk melaksanakan SNI 8152 : 2021 Pasar Rakyat oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

“Harapan kami ke depan jika pembangunan tuntas, seluruh stakeholder pasar baik pengelola dan pedagang dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan optimal bagi pembeli, sehingga mampu mewujudkan Pasar Tegal Harum sebagai pasar yang sehat, segar, dan terpercaya,” kata Rismawan.

Perbekel Tegal Harum Komang Adi Widiantara mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Sekolah Pasar Rakyat ini. Hal ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran serta pelatihan bagi pedagang pasar dalam mendukung optimalisasi pelayanan. Sehingga secara berkelanjutan kualitas Pasar Tegal Harum terus meningkat dan tumbuh sebagai pasar yang profesional. *bin

Komentar