nusabali

Percepat Layanan Dokumen Kependudukan, Disdukcapil - KUA Denpasar Teken MoU

  • www.nusabali.com-percepat-layanan-dokumen-kependudukan-disdukcapil-kua-denpasar-teken-mou

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar memperluas cakupan sasaran pelayanan dokumen kependudukan.

Kali ini, Disdukcapil menyasar Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Denpasar untuk menjalin kerjasama agar masyarakat cepat memiliki dokumen setelah resmi menikah atau perubahan dokumen kependudukan bagi penduduk Kota Denpasar setelah pemeriksaan perkara itsbat nikah, pengangkatan anak, dan pasca terjadinya perceraian di Pengadilan Agama Denpasar.

Hal itu terungkap saat Pemkot Denpasar bersama Kementerian Agama Denpasar dan Pengadilan Agama Denpasar melaksanakan perjanjian kerjasama di Kantor Walikota, Rabu (9/11). Dalam perjanjian itu, ketiga belah pihak melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait percepatan dokumen kependudukan. Penandatanganan dilakukan Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana dengan Ketua Pengadilan Agama Denpasar Parhanuddin dan perwakilan Kementerian Agama Denpasar Ida Bagus Dibya yang mewakil Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar.

Hadir juga Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar I Dewa Gede Juli Artabrata, Kabag Kerjasama Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti, Kepala KUA Kecamatan se–Kota Denpasar beserta unsur terkait lainnya.

Sekda Alit Wiradana meyakini terwujudnya nota kesepahaman ini sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas layanan kependudukan di Kota Denpasar. “Dengan nota kesepahaman ini diharapkan masyarakat dapat dimudahkan dalam pengurusan dokumen kependudukan,” ujarnya.

Parhanuddin mengatakan bahwa pengadilan agama sangat bersentuhan dengan kepentingan masyarakat, khususnya dalam mengurus dokumen kependudukan termasuk dalam hal perkawinan dan atau perceraian.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar atas terlaksananya perjanjian kerjasama ini, yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan sesuai dengan motto kami yaitu ‘Pelayanan Prima kepada Masyarakat’,” katanya. *mis

Komentar