nusabali

TMMD di Buleleng Tuntaskan Pembangunan Fisik

  • www.nusabali.com-tmmd-di-buleleng-tuntaskan-pembangunan-fisik

SINGARAJA, NusaBali
Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 telah selesai dilaksanakan dan resmi ditutup, Rabu (9/11), di Aula Kodim 1609/Buleleng, Kota Singaraja.

TMMD ini diselenggarakan di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, selama satu bulan sejak tanggal 11 Oktober hingga 9 November dengan sejumlah program pembangunan fisik.

Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Komando Reaor Militer (Korem) 163/Wirasatya, Kolonel Infanteri Hari Sandi Chrishandiko membeberkan, kegiatan pembangunan fisik TMMD tahun ini meliputi pelebaran badan jalan dari 2 meter menjadi 6 meter dengan panjang 1.940 meter yang menghubungkan Desa Giri Emas - Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan.

Kemudian betonisasi badan jalan sepanjang 1.940 meter dengan lebar 6 meter dan tebal 12 centimeter, pembuatan gorong-gorong kotak sebanyak 3 unit, pembuatan senderan sebanyak 6 unit, pemasangan riling dengan panjang 128 meter, dan bedah rumah sebanyak 4 unit. Kata dia, seluruh kegiatan fisik tersebut sudah rampung 100 persen.

Sedangkan, kegiatan non-fisik yang telah dilakukan berupa penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan narkoba, penyuluhan HIV/AIDS, penyuluhan bela negara, penyuluhan pertanian, pelayanan KB KES, posyandu, posbindu, stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan, lomba menulis sastra Bali, serta lomba pidato Bahasa Bali.

Personel yang tergabung dalam Satgas TMMD kali ini ada sebanyak 150 orang yang terdiri dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, dengan alokasi anggaran dari Mabes TNI sebesar Rp 483.500.000 yang diperuntukan untuk operasional personel logistik, kendali operasi dan sarpras. Sedangkan alokasi anggaran dari pemerintah daerah dalam bentuk BKK sebesar Rp 1.800.000.000.

TMMD ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan instansi pemerintah serta komponen lainnya. Prioritas program ini adalah daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau pulau kecil terluar, daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena bencana.

"Program TMMD merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat dan desa dengan membangun atau merehabilitasi sarana prasarana serta fasilitas umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat," kata Kolonel Infanteri Hari Sandi.

Tak hanya itu, program TMMD juga ditujukan membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. "Jadi apa yang saya sampaikan sesuai dengan tema yang diangkat yakni TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI," imbuh dia.

Pihaknya berharap TMMD ke-115 tahun 2022 ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong-royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.*mzk

Komentar