nusabali

Presiden Jokowi Hadiri Tactical Floor Game Pengamanan KTT G20

  • www.nusabali.com-presiden-jokowi-hadiri-tactical-floor-game-pengamanan-ktt-g20

DENPASAR, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri langsung kegiatan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka pengamanan puncak pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) di GOR Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar Selatan, Rabu (9/11).

Pada kegiatan TFG yang dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa itu, Presiden Jokowi meminta seluruh Satgas pengamanan KTT G20 agar bekerja secara detail dan mengetahui apa yang harus dikerjakan di lapangan seperti yang telah disimulasikan.

Presiden Jokowi yang pada saat itu didampingi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju menekankan event internasional KTT G20 akan dihadiri oleh para kepala negara dan delegasi dari negara besar di dunia. Oleh karena itu, lakukan pengamanan semaksimal mungkin, sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun. Presiden juga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan simulasi Pengamanan Presidensi KTT G20. Presiden berharap implementasinya di lapangan sesuai dengan simulasi yang telah direncanakan.

Pada TFG kemarin simulasi skenarionya adalah apabila terjadi bencana alam berupa gempa bumi. Pada saat gempa bumi terjadi, masing-masing Satgas, baik darat, laut maupun udara menyampaikan dan memperagakan langkah-langkah pengamanan serta penyelamatan yang dilakukan sesuai fungsi tugasnya terhadap para peserta KTT G20. Skenario ini akan dijalankan bila terjadi gempa bumi pada saat pertemuan KTT G20 yang puncaknya 15-16 November 2022.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto selaku Dansatgas Pamwil VVIP Presidensi KTT G20 menjelaskan bahwa Satgas Pamwil akan mengerahkan seluruh personel baik yang berada di pengamanan rute, objek maupun penginapan untuk membantu Satgas Evakuasi dalam mengarahkan dan mengamankan VVIP ke tempat-tempat evakuasi sementara maupun yang telah ditentukan oleh Satgas Evakuasi.

Selanjutnya Satgas Evakuasi yang dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono selaku Dansatgas Evakuasi menjelaskan bahwa Satgas Evakuasi dengan cepat melaksanakan evakuasi para peserta KTT G20 ke tempat aman dan yang telah ditentukan, baik melalui jalur darat, laut maupun udara. "Latihan TFG ini mensimulasikan apabila terjadi gempa bumi. Melalui TFG ini kita bisa memahami tugas masing-masing dalam mengambil langkah dan tindakan," ungkap Mayjen Sonny.

Terpisah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan persiapan seluruh rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 telah mencapai 99 persen. Ia menjelaskan berbagai persiapan termasuk terkait infrastruktur, transportasi, logistik, dan keamanan, berjalan sesuai rencana.

"Saya kira (persiapan KTT G20) berjalan baik. Bapak Presiden (Joko Widodo) kemarin sudah melihat sendiri semua persiapan. Saya kira sudah 99 persen," kata Luhut menjawab pertanyaan wartawan selepas menghadiri seminar internasional Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Rabu kemarin.

Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 yang terdiri atas sejumlah kementerian, lembaga, TNI, dan Polri telah melakukan berbagai persiapan untuk KTT G20. KTT G20 yang merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian G20, pada tahun ini berlangsung di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Badung. Sementara itu, lokasi lain yang turut dikunjungi para tamu negara selama KTT G20, yaitu Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai di Denpasar, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Jimbaran, Badung. *pol, ant

Komentar