nusabali

Relawan Bali Terus Gerilya Antarkan Ganjar Pranowo Menjadi Presiden RI Ke-8

  • www.nusabali.com-relawan-bali-terus-gerilya-antarkan-ganjar-pranowo-menjadi-presiden-ri-ke-8

DENPASAR,NusaBali.com - Meskipun hingga saat ini belum ada kepastian partai politik mana yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres), relawan Dukung Ganjar Pranowo Presiden RI ke-8 (DGP 8) terus gerilya di Pulau Dewata.

Dukungan dan kerja politik dari Relawan DGP 8 untuk mensosialisasikan figur Ganjar ke seluruh penjuru Bali terus dilakukan secara massif, karena Ganjar merupakan sosok yang tepat sebagai penerus kepemimpinan pengganti Presiden Joko Widodo.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Relawan DGP 8, I Wayan Adnyana, Rabu (9/11/2022).

"Tujuan kami dari relawan untuk saat ini  agar elektabilitas Ganjar Pranowo tetap tertinggi diantara bakal calon presiden lainnya, dan terkhusus di Bali sendiri struktur kepengurusan DGP 8 di seluruh kabupaten/kota telah terbentuk secara komplet," ungkap Wayan Adnyana.

Dengan telah lengkapnya struktur pengurus daerah kabupaten/kota di Bali, Wayan Adnyana mengatakan semakin memudahkan relawan untuk bekerja ditengah masyarakat, apalagi sejak terbentuknya DGP 8 ini, pada tanggal 27 Juli 2022 lalu, ia menilai sambutan masyarakat sangatlah positif.

"Kami menargetkan sebanyak-banyaknya masyarakat yang bergabung, karena rencana ke depan kami akan menyusun relawan DGP 8 ini secara berjenjang, hingga sampai di tingkat kecamatan dan juga tingkat desa/kelurahan," tutur pria yang juga seorang akademisi ini.

Selain itu, ia menilai hingga saat ini komunikasi dengan sesama relawan pemenangan Ganjar Pranowo lainnya, baik itu di Bali maupun di seluruh Indonesia berjalan sangat baik.

Seperti diketahui keterpopuleran Ganjar sebagai politisi sangatlah tinggi di mata publik, bahkan menurut Wayan Adnyana hingga bulan November 2022, ada sekitar 80 tim relawan atau komunitas yang mendukung Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) ini untuk menjadi Presiden RI. 

Beberapa diantaranya memiliki skala nasional hingga skala daerah seperti Ganjarist, Sahabat Ganjar Pranowo (SGP), Teman Ganjar (Tegar), Kita Ganjar Nusantara (KGN) hingga Orang Muda Ganjar (OMG).

"Mungkin karena tujuan kita sama, maka komunikasi ke sesama relawan sangat intensif. Kita memiliki sekber (sekretariat bersama) yang menjadi forum komunikasi dan juga melalui platform grup-grup dimedia sosial," jelasnya.

Terkait masih gonjang-ganjingnya nama Ganjar Pranowo di internal partainya sendiri, PDI Perjuangan, untuk dicalonkannya menjadi capres, Wayan Adnyana berpendapat itulah dinamika politik yang terjadi.

Tetapi ia meyakini dengan tingginya dukungan terhadap Ganjar diakar rumput, maka sudah selayaknya nama Ganjar Pranowo lah yang pantas direkomendasikan oleh partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Inilah tugas utama kami sebagai relawan untuk terus mempopulerkan sosok Ganjar Pranowo agar kelak saatnya nanti dapat dicalonkan sebagai presiden oleh partai politik," tegas Adnyana.

Ia juga menerangkan pihaknya sudah beberapa kali bertemu dan berkomunikasi dengan Ganjar Pranowo, menurutnya sebagai sosok yang sangat low profile, Ganjar berpesan dan meminta agar program-program positif dari relawan ini terus langsung menyentuh berbagai kalangan, terutama masyarakat kecil di daerah.

"Jadi program kami saat ini lebih ke sosial kemasyarakatan serta membantu pembinaan terhadap UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) selain itu relawan juga mulai menjaring kelompok-kelompok petani, dimana akan intensif membantu program penyuluhan serta pembinaan di bidang pertanian," tuturnya.

Sementara itu komunitas relawan untuk mendukung Ganjar menuju kursi presiden lainnya terus bermunculan.

Terbaru rencananya pada Desember 2022 mendatang, akan dideklarasikan Orang Muda Ganjar (OMG) di Bali.

"Kami sedang berkoordinasi dengan koordinator nasional OMG di Jakarta, pada prinsipnya kami relawan OMG di Bali sedang menunggu, yang menurut perkiraan sekitar Desember nanti dideklarasikan, karena patut diketahui hampir sebagian besar provinsi di Indonesia telah terbentuk relawan OMG ini," ujar relawan OMG Bali, Rovin Bou.

Menurut Rovin yang juga aktivis kepemudaan mengatakan, ia bersama rekan-rekan OMG Bali lainnya melihat, dengan jumlah basis pemilih yang sangat besar dari kaum pemuda dan milenial, hal tersebut menjadi sasaran pihaknya untuk mempopulerkan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo.

"Selain itu sebagai pendidikan politik juga, karena melihat sasaran anak-anak muda yang akhir-akhir ini bisa dikatakan antipati terhadap politik, maka kami hadir untuk menyadarkan bahwa partisipasi politik dari mereka, bisa memberikan andil untuk perubahan bangsa ini kearah yang lebih baik," pungkasnya. *aps

Komentar