nusabali

DPR Setujui Kewarganegaraan Shayne Pattynama

  • www.nusabali.com-dpr-setujui-kewarganegaraan-shayne-pattynama

JAKARTA, NusaBali
Komisi X DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada calon pemain naturalisasi Shayne Elian Jay Pattynama, 24.

Hasil itu didapat setelah Komisi X mengadakan rapat kerja dengan Menpora Zainudin Amali yang dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen Yunus Nusi di Gedung DPR RI Senayan, Selasa (8/11).

“Memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata pimpinan sidang Hetifah Sjaifudian.

Atas keputusan tersebut, Iriawan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Komisi X DPR RI. “Saya melihat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap proses naturalisasi Shayne. Dan hari ini, Alhamdulillah, Komisi X DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Shayne Pattynama. Semoga proses-proses berikutnya berjalan lancar sehingga kita bisa melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan Timnas Indonesia,” katanya.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Menpora Bapak Zainudin Amali dan seluruh teman-teman Komisi X DPR RI yang telah menaruh perhatian terhadap proses naturalisasi Shayne,” tambahnya.

Sementara itu, calon pemain naturalisasi Shayne Pattynama mengatakan sudah tidak sabar untuk memperkuat tim nasional Indonesia. “Mimpi saya besar, saya sangat ingin membela tim nasional Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Kehadiran Shayne sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-Yang. Shayne juga berpengalaman bermain di Liga Eropa. Kini dia bermain di Liga Norwegia bersama Viking FK. Shayne sudah mencatatkan 26 enam penampilan sejak dikontrak dari musim 2021.

Atlet kelahiran Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998, sebelumnya pernah berlatih di Ajax dan Utrech FC. Bahkan, bersama Tim Academy Utrech FC juara Liga U-17. Shayne memiliki tinggi 180 cm dan berat badan 78 kg.  Posisi utama dia adalah bek kiri, tetapi bisa bermain pula sebagai gelandang tengah bila diperlukan. Selama di Viking FC, Shayne sudah berlaga 48 kali, mencetak dua gol dan 6 assist.

Rata-rata bermain 90 menit. "Kelebihan Shayne adalah memiliki akselerasi yang baik untuk posisi bek kiri," jelas Iwan Bule. Selain itu, Shayne bisa bermain di beberapa posisi. Dia juga bukan pemain yang hobi mengoleksi kuning dan tidak ditemukan riyawat cedera parah. "Shayne merupakan pemain keturunan Indonesia. Ayahnya dari Maluku Tengah dan lahir di Semarang. Sebelum meninggal, ayahnya ingin suatu saat Shayne bisa bermaim untuk timnas Indonesia," terang Iriawan. *k22

Komentar