nusabali

Brasil Umumkan Skuad Piala Dunia 2022

  • www.nusabali.com-brasil-umumkan-skuad-piala-dunia-2022

Penyerang tengah dinilai sebagai titik lemah tim berjuluk Selecao, karena Neymar hanya ditopang Rodrygo dan Richardlison yang baru pulih dari cedera. Sedangkan Pedro Guilherme kurang jam terbang.

BRASIL, NusaBali

Timnas Brasil membawa semangat baru pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Kendati ada dua pemain veteran asal Chelsea Thiago Silva yang telah berusia 38 tahun dan Dani Alvez, 39, yang saat ini bermain di klub Meksiko Pumas, namun darah muda banyak disusupkan dalam skuad besutan pelatih Tite.

Dari daftar skuad yag diumumkan Senin (7/11) waktu setempat, barisan penyerang Tim Samba didominasi pemain muda, seperti Vinicius Junior, Rodrygo, Pedro, Antony, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, Raphinha, dan Richarlison. Hanya Neymar yang terbilang senior.

Pelatih Tite juga mengesampingkan penyerang Liverpool Roberto Firmino. Padahal musim ini Firmino kembali menjadi pilihan utama di Liverpool dan sudah mencetak 8 gol serta 4 assist dari 19 laga.  Namun hal itu tak cukup untuk meyakinkan  Adenor Leonardo Bacchi alias Tite. Terakhir Firmino membela Brasil pada Juli 2021, saat Selecao takluk 0-1 di final Copa America 2021 melawan Argentina.

Meski sempat mendapat panggilan timnas untuk laga persahabatan melawan Ghana dan Tunisia pada September lalu, namun saat itu Firmino hanya duduk di bench dan tak bermain sama sekali, seolah menjadi sinyal dirinya bukan opsi utama. Tite sendiri lebih banyak memilih  penyerang sayap dan memberikan slot penyerang tengah kepada Pedro Guilherme yang baru mencatat dua caps, sedangkan Riharlison masih belum pulih dari cedera.

"Brasil sedikit mengambil risiko di sini (mencoret Firmino). Martinelli itu seorang penyerang sayap dan Brasil sudah memiliki stok yang melimpah di posisi itu. Yang mereka tak punya adalah pengganti Neymar," tulis Tim Vickery dalam kolomnya di Sky Sports.

"Brasil memenangi dua laga persahabatan terakhir dengan baik, tapi dia (Neymar) menerima kartu kuning di dua laga tersebut. Jika dia melakukan hal itu di Piala Dunia, maka dia langsung dihukum larangan main."

"Mereka tak punya pengganti langsung untuk posisi false nine (yang diisi Neymar). Harusnya ada Firmino, tapi mereka meninggalkannya. Mereka memberikan beban itu kepada Rodrygo yang masih muda," jelas jurnalis Inggris yang bermukim di Brasil itu.

Selain Firmino, nama besar lain yang tak dibawa Brasil ke Piala Dunia 2022 adalah Philippe Coutinho. Namun pencoretan gelandang Aston Villa itu sudah bisa diduga karena ia tengah mengalami cedera.

Rekan Firmino di Liverpool yakni kiper Allison dan gelandang Fabinho ada di antara skuad tim juara Piala Dunia lima kali tersebut. Dari klub Arsenal ada Gabriel Jesus dan Gabriel Martinelli . Tite juga memilih trio Manchester United Casemiro, Fred dan Antony.7

Skuad Brasil di Piala Dunia 2022:
Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Man. City), Weverton (Palmeiras).

Belakang: Bremer (Juventus), Eder Militao (Real Madrid) Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea), Danilo (Juventus), Daniel Alves (Pumas), Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla).

Tengah: Bruno Guimaraes (Newcastle), Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham).

Depan: Antony (Manchester United), Gabriel Jesus (Arsenal), Gabriel Martinelli (Arsenal), Neymar Jr (PSG), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Jr (Real Madrid)

Komentar