nusabali

Perayaan HUT Ke–14 Paiketan Arya Wang Bang Pinatih

Ingatkan Bhisama Leluhur, 'Raket' Pasametonan

  • www.nusabali.com-perayaan-hut-ke-14-paiketan-arya-wang-bang-pinatih

DENPASAR, NusaBali
Puncak HUT ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih berlangsung, Minggu (6/11) di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar Utara.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara selaku Manggala Umum Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat menyatakan, pengurus paiketan memiliki cita-cita yakni membangun Patilasan Ida Bathara Lelangit Kerajaan Kerthalangu.

Hadir di acara tersebut Gubernur Bali Wayan Koster, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara selaku Manggala Umum Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat, Sabha Pandita, Maha Kertha Warga Dhang Hyang Bang Manik Angkeran Sidhi Mantra Provinsi Bali/Pusat,  Dharma Upapati Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali Pusat,  Pemangku, Pinandita, Panglingsir Puri Sulang, Panglingsir Puri Penatih, serta seluruh pengurus Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat.

Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Koster dalam puncak perayaan HUT ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih, beserta pasameton. Mengacu pada bhisama leluhur ‘Ala Ayu Tunggal Kabeh’ sebagai perwujudan semangat kebersamaan warga Arya Wang Bang Pinatih dan bakti kepada Ida Bhatara Kawitan berlandaskan Nangun Sad Kerthi Loka Bali.

“Sloka yang telah dibacakan dalam kesempatan ini  yang juga memuat bhisama leluhur untuk dapat terus dipegang bersama-sama dalam mempererat tali silaturahmi persaudaraan dalam Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih, yang saat ini telah berusia 14 tahun dari tahun terbentuknya pada 2008,” ujar Jaya Negara.

Disampaikannya tujuan terbentuknya Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih yakni meningkatkan sradha bakti kepada Ida Leluhur, serta selalu ‘raket rumaket pasametonan’.

Di samping itu dalam pelaksanaan dharma negara dan dharma agama, pengurus dan pasametonan telah melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti melaksanakan upacara agama di Pura Segara Rupek yang juga mendapat dukungan dari Pasametonan Maha Kertha Warga Dhang Hyang Bang Manik Angkeran Sidhi Mantra.

“Pura Segara Rupek, salah satu Pura Dang Kahyangan di Bali dan kami sebagai Warih dari Bathara Lelangit juga melaksanakan kewajiban dalam sradha bakti. Di samping itu juga keberadaan Pura Segara Rupek telah mendapat perhatian dari Gubernur Wayan Koster dalam mewujudkan penataan dan pembangunan pura setempat,” kata Jaya Negara dalam rilis yang diterima NusaBali.

Dikatakannya, pengurus paiketan memiliki cita-cita yakni membangun Patilasan Ida Bathara Lelangit Kerajaan Kerthalangu. Rencana tersebut telah mendapatkan dukungan dari Gubernur Koster.  Kegiatan lainnya juga telah dilaksanakan pengurus yakni gotong royong, pembagian sembako, pelatihan kepemangkuan hingga donor darah. “Dharma raksatah raksitah ini agar dipegang, serta hendaklah kita berpijak selalu pada dharma, kebenaran sebagai senjata untuk membentengi setiap langkah kehidupan kita bersama,” tandas Jaya Negara.

Gubernur Koster menyampaikan ucapan selamat HUT ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih. “Dirgahayu Paiketan Arya Wang Bang Pinatih. Selalu jaya dan terus memperkuat pasametonan serta berkontribusi untuk Bali,” ujar Gubernur Koster.

Disampaikannya, bisama leluhur di dalam Paiketan Arya Wang Bang Pinatih, hendaknya terus dipegang, disosialisasikan kepada generasi muda paiketan untuk dapat lebih memperkuat pasametonan.

Perayaan HUT ke-14 ditandai dengan pemotongan tumpeng, kegiatan sosial dan budaya. Di antaranya donor darah, hingga pementasan seni tari, dolanan hingga Bondres Celekontong Mas, serta keterlibatan Yowana Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih. *bin

Komentar