nusabali

Ganjar Dipantau Koalisi Indonesia Bersatu

FX Rudy: Kita Positif Thinking Saja

  • www.nusabali.com-ganjar-dipantau-koalisi-indonesia-bersatu

SOLO, NusaBali
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dimonitor oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Partai Golkar, PAN dan PPP.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo (FX Rudy) mengajak untuk berpikir positif. "Ganjar kalau dilirik dari partai lain, berartikan kaderisasi dari PDIP berhasil itu. Artinya diakui oleh partai lain. Kita (PDIP) positif thinking (berpikir positif) saja, kalau kader kita dilirik partai lain, kaderisasi Bu Mega berhasil," kata FX Rudy di Taman Sunan Jogo Kali Solo, seperti dilansir detikcom, Sabtu (5/11/2022).

Untuk diketahui, KIB terdiri dari tiga partai politik yakni Golkar, PAN, dan PPP, berkoalisi dan terbentuk dalam rangka Pilpres 2024. Rudy menilai parpol lain yang melirik kader PDIP merupakan hal yang sah-sah saja dalam dunia politik. Namun PDIP memiliki aturan tersendiri dalam mendukung capres-cawapres. "Tidak apa-apa (mendukung Ganjar), yang penting bagi kita adalah rekomendasi Ketua Umum (PDIP). Kita tegak lurus kalau Ketua Umum memerintahkan A, kader wajib melaksanakan itu. Tapi kan hingga saat ini belum ada tugas seperti itu," ujarnya.

Saat ini, parpol yang terang-terangan mendukung Ganjar adalah PSI. PSI menduetkan Ganjar dengan Yenny Wahid. Bahkan, baliho Ganjar-Yenny Wahid sudah terpasang di Kota Solo. "Kalau mau membuat wacana, boleh-boleh saja. Mereka kan juga punya hak. Tapi semua tetap Ketua Umum yang memutuskan," FX Rudy.

Meski dilirik banyak parpol, mantan Wali Kota Solo itu menegaskan jika Ganjar Pranowo masih kader PDIP, yang siap melaksanakan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul tak yakin jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan merapat jika PDIP mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. PPP yang merupakan partai bagian dari KIB sedang memonitor Ganjar.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengatakan terkait potensi merapatnya KIB ke PDIP belum ada kesepakatan. Dia menyebut ada mekanisme akan hal itu. "Soal merapat atau tidak merapat belum ada kesepakatan. Mekanisme masing-masing partai mengajukan untuk dimusyawarahkan," kata Awiek kepada wartawan, seperti dilansir detikcom, Kamis (3/11).

Ganjar disebut memang menjadi salah satu nama potensial capres 2024. Awiek menyebut KIB terus memantau perkembangannya. "Memang Ganjar termasuk salah satu nama potensial yang terus dimonitor perkembangannya," ujarnya. *

Komentar