nusabali

Car Free Day Renon Ditiadakan, Ada Gelar Pasukan KTT G20

  • www.nusabali.com-car-free-day-renon-ditiadakan-ada-gelar-pasukan-ktt-g20

DENPASAR, NusaBali.com – Terkait Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT G20 pada Minggu (6/11/2022), hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di kawasan Renon ditiadakan.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Kombes Pol Satake Bayu. Polda Bali pun mengimbau masyarakat agar mencari alternatif lain baik untuk kendaraan maupun aktivitas olahraga pagi di hari Minggu tersebut.

“Benar (CFD Renon) ditiadakan pada tanggal 6 November 2022 besok. Ini karena bertepatan dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Pengamanan dalam rangka KTT G20,” ujar Satake Bayu, Sabtu (5/11/2022).

Karena peniadaan CFD Renon ini demi mempersiapkan keamanan Bali untuk menyambut tamu penting pada 15-16 November 2022 mendatang, Polda Bali memohon dukungan dan doa dari masyarakat agar kesuksesan KTT G20 di Nusa Dua dapat tercapai.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Satake Bayu memohon pemakluman dari masyarakat terutama yang biasa menikmati CFD di Renon.

Sebagai catatan perhelatan KTT G20 di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung merupakan acara bersejarah bagi Indonesia. Untuk pertama kalinya, Indonesia memegang mandat presidensi 19 negara dan satu perkumpulan negara Eropa ini.

Selain itu, Presidensi G20 Indonesia ini juga berada pada masa yang sulit yakni adanya ketegangan geopolitik di dalam negara anggota G20. Organisasi yang dibentuk pasca krisis moneter tahun 1998 ini sedang terpecah antara kubu pro Rusia dan pro Ukraina (Amerika Serikat).

Untuk itu, kesuksesan dalam perhelatan pertemuan puncak ini menjadi tolok ukur kekuatan dan netralitas geopolitik Indonesia di mata dunia. *rat

Komentar