nusabali

Babak 16 besar 'Liga Malam Jumat', Kompetisi Rasa Liga Champions

  • www.nusabali.com-babak-16-besar-liga-malam-jumat-kompetisi-rasa-liga-champions

LONDON, NusaBali
Seluruh kontestan Liga Europa 2022/2023 telah merampungkan enam pertandingan atau seluruh laga babak penyisihan grup pada Jumat (4/11) dinihari WITA.

Kini Liga Malam Jumat itu memasuki babak 16 besar. Kompetisi itu pun serasa laga-laga Liga Champions.
Ya, delapan tim dipastikan lolos ke fase gugur Liga Europa atau 16 besar. Yakni, Arsenal, Fenerbahce, Real Betis, Union St. Gilloise, Real Sociedad, Feyenoord, Freiburg, dan Ferencvaros.

Sedangkan delapan tim lainnya harus melewati babak playoff terlebih dulu, karea finis di urutan kedua di klasemen akhir grup. Mereka adalah PSV Eindhoven, Rennes, AS Roma, Union Berlin, Manchester United (MU), Midtjylland, Nantes, dan AS Monaco.

Pengundian playoff 16 besar Liga Europa dilakukan pada Senin (7/11).  Undian tersebut akan banyak dinantikan, sebab potensi bertemunya tim-tim raksasa dan penuh tradisi akan bisa terjadi. Empat dari delapan tim runner-up penyisihan grup adalah tim-tim dengan tradisi tampil Liga Champions, yaitu MU, PSV, AS Roma, dan AS Monaco.

Delapan tim runner-up Liga Europa itu akan bersua tim peringkat ketiga di tiap grup babak penyisihan Liga Champions. Delapan tim jebolan Liga Champions musim ini turun kasta ke Liga Europa karena gagal bersaing. Yakni, Barcelona, Juventus, Ajax, Bayer Leverkusen, Sporting Lisbon, RB Salzburg, Sevilla, dan Shakhtar Donetsk.

Tim yang akan tampil fase gugur Liga Europa sebagian besar punya riwayat bagus di Liga Champions. Barcelona misalnya, sudah lima kali mengangkat trofi Liga Champions. Lalu MU tiga kali juara Liga Champions. Raja Italia Juventus dua kali juara, dan tujuh kali runner-up Liga Champions.

Arsenal juga pernah jadi tim kuda hitam, hingga menembus final pada 2005/2006. Sedang AS Roma juga punya pelatih master Jose Mourinho, pelatih yang sukses di Liga Champions.
Babak playoff Liga Europa dilalukan dengan sistem gugur dalam dua leg, yakni pada 16 Februari  dan 23 Februari. Pemenang playoff akan lolos ke 16 besar Liga Europa pada 9 dan 16 Maret 2023. Sebelum itu akan digelar drawing 16 besar pada 24 Februari 2022. *

Klasifikasi Hasil Liga Europa :
8 Tim juara grup (lolos otomatis):
Real Betis, St-Gilloise, Freiburg, Real Sociedad, Frenecvaros, Feyenord, Arsenal, Fenerbache

8 Tim runner up grup (masuk playoff ):
Manchester United, Midtylland, Nantes, AS Monaco, PSV Eindhoven, AS Roma, Union Berlin, Rennes

8 Tim dari Liga Champions untuk playoff:
Ajax Amsterdam, Barcelona, Juventus, Bayer Leverkusen, Salzburg, Sevilla, Shakhtar Donetsk, Sporting CP

8 Tim urutan ke 16 Besar Liga Conference
Bodo/Glimt, AEK Larnacea, Ludogerets, Braga, Sheriff, Lazio, Qarabag, dan Trabzonspor.

Komentar