nusabali

Gaji Perbekel dan Perangkat Desa Diupayakan Tidak Telat

  • www.nusabali.com-gaji-perbekel-dan-perangkat-desa-diupayakan-tidak-telat

SINGARAJA, NusaBali
Gaji Perbekel dan perangkat desa di awal tahun anggaran selalu dibayarkan tidak tepat waktu.

Bahkan di awal tahun anggatan gaji pertama baru diterima di bulan Maret, dirapel selama tiga bulan dari Januari, Februari, dan  Maret. Hal ini pun menjadi keluhan para perbekel dan perangkat desa saat bertemu Penjabat (Pj) Bupati Buleleng beberapa waktu lalu.

Persoalan ini pun akhirnya dibahas bersama SKPD terkait Jumat (4/11), di ruang rapat rumah jabatan bupati.  Penjabat (PJ) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menegaskan kepada SKPD terkait agar mencarikan solusi. Gaji yang menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditegaskannya harus dibayarkan tepat waktu.

"Ini salah satu keluhan dari perbekel beberapa waktu lalu. Selalu berulang setiap tahunnya, kalau tidak Maret, April, bahkan pernah Mei. Saya membayangkan karena kepala desa, perangkat desa, juga mengandalkan itu (gaji)," ucap Lihadnyana.

Lihadnyana pun meminta kepada SKPD terkait untuk mengupayakan pembayaran gaji perbekel dan perangkat desa mulai tahun 2023 dapat dibayarkan tepat waktu. Lihadnyana ingin mempercepat penerimaan gaji perbekel dan perangkat desa, sehingga sudah bisa diterima di bulan Januari.

Menurutnya, perbekel dan perangkat desa bekerja langsung melayani masyarakat, sehingga wajib mendapat prioritas untuk  mendapatkan hak mereka.  "Jangan sampai mereka sudah melayani masyarakat secara langsung, tetapi pada saat seharusnya menerima gaji, mereka pinjam di LPD.  Kan kasihan mereka. Kita akan coba memaksimalkan pelayanan kepada desa masyarakat dan perangkat desanya," imbuh pejabat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng ini.

Strateginya untuk mewujudkan diterimanya gaji perbekel dan perangkat desa pada bulan Januari adalah mempercepat segala proses yang dibutuhkan. Lihadnyana menyatakan bahwa DAU sudah tersedia, dan aturannya pun sudah jelas. Segala proses atau administrasi yang diperlukan harus dikerjakan dari awal.

"Tadi setelah dirapatkan sudah jelas prosesnya sudah ada dimana, nanti kita upayakan agar bisa lebih cepat. Pendeknya adalah gaji perbekel kita upayakan bisa cair di bulan Januari. Baru mereka bisa senang," kata Lihadnyana. *k23

Komentar