nusabali

Tradisi Leluhur, Krama Minta Tabuh Rah Diizinkan

‘Jumat Mesadu’ Polres Klungkung Di-launching

  • www.nusabali.com-tradisi-leluhur-krama-minta-tabuh-rah-diizinkan

SEMARAPURA, NusaBali
Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta me-launching ‘Jumat Mesadu’ Presisi Polres Klungkung di Aula Jalaga Dharma Pandahapa Polres Klungkung, Jumat (4/11) pagi.

Program ini untuk menyerap segala informasi maupun pengaduan dari masyarakat terkait dengan kinerja pelayanan Polres Klungkung kepada masyarakat. Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengundang beberapa tokoh masyarakat.

Kelian Banjar Adat Pagutan, Desa/Kecamatan Banjarangkan, Kadek Setiawan menyampaikan permintaan agar tabuh rah yang diadakan setiap pujawali di Pura Bale Agung Kanginan, bisa diberikan izin oleh pihak kepolisian. Karena hal itu merupakan tradisi dari leluhur sejak dulu, kemudian keesokan harinya ada rangkaiannya berupa kegiatan megibung (makan bersama).

"Kami tidak berani tidak melaksanakannya,” ujar Setiawan. Kapolres AKBP Sadiarta menjawab, sepanjang itu tidak ada unsur judinya dan murni untuk yadnya, silakan saja. Namun, jika sudah ada unsur judinya, Polres Klungkung pasti akan bertindak tegas. "Kita bisa kenakan pasal 303 KUHP tentang larangan berjudi,” ungkap AKBP Sadiarta. Kapolres menyebut Jumat Mesadu Presisi Polres Klungkung akan diselenggarakan setiap hari Jumat berbagai keluhan bisa disampaikan melalui pesan atau saat live di media sosial akun Polres Klungkung.

"Program ini untuk mendukung Quick Win Kapolri Presisi Polri agar lebih dekat dengan masyarakat, terutama mengedepankan keluhan masyarakat tentang pelayanan pada institusi Polri," kata AKBP Sadiarta. Pada akhir acara kemarin Kapolres menyerahkan paket sembako kepada masyarakat yang secara langsung menghadiri kegiatan tersebut. *wan

Komentar