nusabali

Simbar Kalimantan, Si Cantik dari Borneo Incaran Kawula Muda

  • www.nusabali.com-simbar-kalimantan-si-cantik-dari-borneo-incaran-kawula-muda
  • www.nusabali.com-simbar-kalimantan-si-cantik-dari-borneo-incaran-kawula-muda

MANGUPURA, NusaBali.com – Tanaman tempel jenis simbar atau platycerium memang sedang digandrungi kawula muda. Perawatannya yang mudah dan bentuknya yang unik dan cantik membuat simbar jadi incaran.

Satu di antara jenis tanaman simbar yang sedang naik daun adalah simbar Kalimantan (Platycerium ridleyi). Berbeda dengan simbar Menjangan (Platycerium bifurcatum) yang lumrah ditemui di Bali, simbar Kalimantan berpostur lebih mungil namun terlihat kokoh.

Selain terlihat kokoh, simbar Kalimantan yang sudah matang memiliki piringan yang unik dan membulat. Pada bentuk matangnya ini, simbar Kalimantan sangat mirip dan bahkan persis berbentuk kepala rusa.

“Berbeda dengan simbar lokal yang lidahnya turun, simbar Kalimantan ini lidahnya naik. Jadi ketika piringannya sudah matang maka bentuknya mirip seperti kepala rusa,” kata pemilik toko tanaman hias Spot Garden, I Putu Robin Hermawan, 22, saat dijumpai Kamis (3/11/2022) sore.

Bentuknya yang unik inilah yang membuat simbar Kalimantan menjadi primadona tersendiri bagi kalangan muda. Tidak jarang bahkan di beberapa acara pernikahan masa kini, simbar ini dijadikan panyalin bokoran atau barang yang ditukarkan dengan barang yang dibawa peserta kondangan adat.

Sama seperti jenis simbar yang lain, simbar Kalimantan merupakan tanaman luar ruangan. Namun, untuk meletakkan atau menempelkan simbar Kalimantan ini harus berada pada area yang cukup teduh seperti di batang pohon berdaun rimbun.

Di pasaran, media tempel dari simbar Kalimantan ini terbuat dari moss hitam berbentuk setengah bola. Moss ini nantinya akan ditutup oleh piringan simbar Kalimantan yang bertumbuh.

“Kebanyakan orang masih belum tahu kalau piringan simbar Kalimantan ini bisa mengikuti bentuk media tempelnya,” ujar Robin.

Oleh karena itu, apabila ingin membuat bentuk yang unik dari piringan simbar Kalimantan maka perlu dimodifikasi bagian moss tersebut. Misalnya dibentuk kepala rusa sehingga bentuk matang dari simbar Kalimantan tersebut nantinya dapat lebih mirip dengan kepala rusa dan bertanduk dari lidah simbar Kalimantan.

Menurut Robin, di pasaran harga simbar Kalimantan ini bisa dibanderol dari harga Rp 40.000 untuk bentuk yang masih belum jadi. Sedangkan bentuk matangnya bisa dihargai mencapai Rp 200.000 atau lebih.

“Orang-orang yang mencari simbar Kalimantan ini biasanya untuk kebutuhan estetika dan juga gengsi,” tandas Robin. *rat

Komentar