nusabali

Skenario Undian 16 Besar, Real Madrid dan PSG Berpeluang Bentrok

  • www.nusabali.com-skenario-undian-16-besar-real-madrid-dan-psg-berpeluang-bentrok

LONDON, NusaBali
Seluruh laga fase grup Liga Champions musim ini rampung pada Kamis (3/11) dinihari Wita.

Klub-klub papan atas Eropa berhasil melenggang ke-16 besar, termasuk Real Madrid dan Paris Saint-Germain (PSG). Kedua tim itu berpeluang bentrok di babak 16 besar.

Selain PSG, Liverpool juga akan terlibat dalam big match. Pasalnya Liverpool gagal jadi juara grup, harus puas jadi runner-up. Artinya, mereka akan dipertemukan dengan tim top yang jadi juara grup lain.

Liverpool berpeluang bertemu Bayern Munchen, PSG mungkin bertemu Real Madrid atau Manchester City. Memang belum pasti, tapi potensi big match tersebut jelas tidak bisa diabaikan dalam undian yang akan digelar pada Senin (7/11) mendatang.

Ya, undian akan melibatkan 16 tim dari Grup A hingga H yang dipastikan lolos ke-16 besar. Ada pula yang turun kasta ke knock-out playoff Liga Europa. Pengundian 16 besar akan mempertemukan para juara grup dengan tim runner-up grup.

Dari 16 tim juara dan runner up diundi dengan dengan beberapa aturan drawing. Yakni, tidak boleh melawan tim dari asosiasi yang sama dan tidak bisa melawan tim dari grup yang sama.

Misalnya skenario untuk Real Madrid (juara Grup F), maka calon lawannya adalah Club Brugge, Borussia Dortmund, Frankfurt, Inter Milan, Liverpool, AC Milan, PSG. Sedangkan lawan yang dicoret adalah RB Leipzig, karena sama-sama dari grup F

Juga milsanya Manchester City (juuuara Grup G). Calon lawannya,  Club Brugge, Frankfurt, Inter, Leipzig, Milan, PSG. Sedangkan lawan yang dicoret Dortmund (sama-sama di grup G) dan Liverpool (anggota satu asosiasi sepakbola negara yang sama).

Sementara itu, Benfica finis sebagai juara grup H dengan mengalahkan PSG sebagai runner up, meski kedua tim punya poin sama, catatan head to head yang sama, dan selisih gol juga sama.

Benfica jadi juara grup karena unggul 'gol tandang’. Benfica mencetak sembilan gol dari tiga laga tandang di Grup H. Sedangkan gol tandang PSG hanya enam gol. *

Juara dan Runner Up Grup
Grup A: Napoli, Liverpool
Grup B: Porto, Club Brugge
Grup C: Bayern M, Inter Milan
Grup D: Tottenham H, E Frankfurt
Grup E: Chelsea, AC Milan
Grup F: Real Madrid, RB Leipzig
Grup G: ManCity, B Dortmund
Grup H: Benfica, Paris SG.

8 Tim ke Liga Europa :
Grup A: Ajax Amsterdam
Grup B: Bayer Leverkusen
Grup C: Barcelona
Grup D: Sporting CP
Grup E: RB Salzburg
Grup F: Shakhtar Donetsk
Grup G: Sevilla
Grup H: Juventus.

Komentar